Israel Terlalu Banyak Mengeluh Soal JCPOA, Tapi AS Tak Peduli

0
178

TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Haaretz menyatakan, Israel tidak menghendaki dihidupkannya kembali kesepakatan nuklir Iran (JCPOA), namun AS tidak lagi memedulikan keberatan-keberatan Israel.

“Israel menganalisis dan membedah draf (kesepakatan baru nuklir) ini dengan cermat, sementara Gedung Putih, Dewan Keamanan Nasional (AS), Kemenlu AS, dan CIA tidak menelaah draf ini, atau tidak mengerti isinya,” tulis Haaretz.

“Kekhawatiran Israel nyata dan bisa dimengerti. Tapi kenapa hanya tampak seperti sebuah olok-olok semata? Sebab, kita sudah tidak lagi berada di masa ketika keluhan-keluhan Israel selalu menjadi perhatian AS.”

Haaretz lalu memberikan sebuah analogi untuk kondisi Tel Aviv saat ini. Menurut harian Zionis ini, sekarang Israel ibarat memasuki stadion yang telah dtinggalkan para penonton, lampu-lampu stadion sudah dipadamkan, dan kamera-kamera pun telah dikemas.

“Pada hakikatnya, Israel hanya memberikan penjelasan kepada para pegawai di ruang kantin dan pengawas, tanpa ada pengaruh apakah kesepakatan bisa dibuat atau tidak,”tandas Haaretz.

Haaretz menilai, prioritas AS saat ini tidak lagi berada di Timteng. Fokus Washington saat ini tertuju ke perang Rusia melawan Ukraina. Sementara dari sisi strategis, AS juga memusatkan perhatian kepada China. (af/fars)

DISKUSI: