Tegang dengan Iran, Israel Mulai Terima Kapal Perang Canggih dari Jerman

0
385

Haifa, LiputanIslam.com –   Kapal pertama dari empat kapal penjelajah yang dipesan oleh Angkatan Laut (AL) Israel tiba di pelabuhan Haifa, Israel, dari Jerman, Rabu (2/12/2020). Kapal penjelajah bernama INS Magen dari model Saar-6 tiba di pelabuhan di Israel utara tersebut setelah berlayar dari pelabuhan Kiel, Jerman,  selama sekitar dua minggu.

Kapal penjelajah itu dikirim ke AL Israel di pelabuhan Kiel pada tanggal 11 November 2020. AL Israel menyelenggarakan seremoni untuk kapal penjelajah sepanjang 90 meter yang dilengkapi dengan teknologi siluman tersebut.

Kapal penjelajah itu akan dipersenjatai di pelabuhan Haifa. Israel telah memesan empat kapal korvet tipe tersebut dari perusahaan Jerman ThyssenKrupp Naval Systems, yang diproduksi atas kerja sama antara ThyssenKrupp dan Naval Yards.

Korvet lainnya diharapkan akan dikirim pada tahun 2021, dan dengan itu jumlah kapal bersenjatakan rudal yang disebar Israel akan mencapai 15 unit. Israel berusaha menggunakan kapal korvet ini terutama untuk melindungi platform ekstraksi gas di Mediterania.

Israel menerima kapal perangnya yang paling canggih dan mencerminkan “perisai” buatan Jerman itu sebagai benteng pengaman untuk platform gas di Mediterania, ketika ketegangannya dengan Iran meningkat menyusul kasus pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh. Meski tergolong kecil, namun kapal itu berkemampuan menjalankan misi jarak jauh hingga ke Laut Merah dan Teluk Persia. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Waspadai Balasan Iran, Israel Tempatkan Iron Dome di Haifa

Soal Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran, Zarif Nyatakan Ada Konspirasi Segitiga AS, Israel dan Saudi

 

DISKUSI: