Soal Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran, Zarif Nyatakan Ada Konspirasi Segitiga AS, Israel dan Saudi

0
280

Menlu Iran, M. Javad Zarif. Sumber foto: Tasnim

Teheran, LiputanIslam.com –   Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyatakan bahwa pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Iran Mohsen Fakhrizadeh sebagai aksi teror pengecut yang terjadi dalam kerangka “konspirasi segi tiga” Amerika Serikat (AS), Zionis, dan Arab Saudi.

“Sebagaimana Anda lihat dalam pemberitaan, para pendiri dan pendukung kebijakan tekanan sia-sia terhadap bangsa Iran berusaha memanfaatkan hari-hari terakhir pemerintahan Turmp untuk membangkit ketegangan dan mengacaukan suasana yang tersedia untuk pencabutan emborgo zalim,” ungkap Zarif di Instagram pada Senin malam (30/11/2020).

Dia lantas menyinggung adanya pertemuan segi tiga terselubung antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman di kota Neom, Arab Saudi, belum lama ini.

“Kunjungan mendadak Pompeo ke kawasan dan pertemuan segi tiga serta pernyataan-pernyataan Netanyahu mengungkap konspirasi yang, sayang sekali, termanifestasi pada hari Jumat dalam aksi teror pengecut yang menggugurkan salah satu tokoh manajerial terkemuka Iran,”ujarnya.

Dia menambahkan, “Bersamaan dengan aksi teror ini dimulai operasi intelijen kontra dan perang mental dari poros syaitan ini sendiri demi menyempurnakan rencana kejam Pompeo, Netanyahi, dan Bin Salman untuk membangkitkan ketegangan”.

Perdana Menteri Rezim Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, dilaporkan oleh berbagai media Israel telah berkunjung ke Arab Saudi, pada 22 November 2020, dan mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman.

Sejumlah media Israel, termasuk situs berita Walla, mengungkap rincian kunjungan yang dibantah oleh Saudi tersebut.   Menurut Walla, Direktur MOSSAD Yossi Cohen telah menyertai kunjungan Netanyahu itu dan tiba di Neom, Saudi, dengan menggunakan pesawat milik pengusaha Israel Udi Angel. (mm/alalam)

Baca juga:

Jubir Kemenlu Iran Bantah Kabar Serangan Drone ke IRGC di Suriah

Shamkhani: Balasan Iran atas Darah Fakhrizadeh akan Terlihat oleh Semua Orang

DISKUSI: