Tanker Minyak Berbendera Saudi Meledak di Pelabuhan Jeddah, Akibat Serangan?

0
108

Jeddah, LiputanIslam.com –   Otoritas Operasi Perdagangan Maritim Inggris mengumumkan terjadi ledakan di sebuah kapal tanker yang membawa bendera Saudi Arab dari pelabuhan Jeddah di Laut Merah.

Otoritas tersebut menyatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan, dan bahwa pihaknya mengimbau kepada kapal-kapal yang berlayar di kawasan tersebut agar berhati-hati.

AP melaporkan bahwa ledakan di kapal tanker itu berasal dari unsur eksternal, dan tidak menjatuhkan korban di antara awaknya yang berjumlah 22 orang, sementara otoritas Saudi belum berkomentar mengenai insiden yang terjadi pada dini hari Senin (14/12) tersebut.

Perusahaan pelayaran Hafnia mengumumkan bahwa salah satu tanker minyaknya terkena insiden yang berasal dari “sumber eksternal” yang belum diketahui, hingga menyebabkan kebakaran, dan itu terjadi ketika berlangsung bongkar muat kapal di pelabuhan Jeddah di Arab Saudi.

Perusahaan itu menambahkan, “(Kapal tanker) BW Rain terkena sumber eksternal saat bongkar muat di Jeddah, Arab Saudi, pada dini hari Senin sekitar pukul 00:40 waktu setempat, yang menyebabkan ledakan dan kebakaran berikutnya di atas kapal.”

Akibat Serangan

Kementerian Luar Negeri Mesir merisilis statemen yang menyatakan bahwa insiden itu terjadi akibat serangan yang dilancarkan melalui perahu.

“Mesir menegaskan kembali kecaman total dan penolakan terhadap tindakan teror dan sabotase yang menyasar perairan teritorial dan instalasi penting di Kerajaan Arab Saudi, karena merupakan ancaman terhadap keamanan dan stabilitas dan keamanan Kerajaan (Saudi) serta kebebasan pelayaran dan perdagangan internasional,” bunyi statemen itu.

Kementerian itu menambahkan, “Mesir juga menegaskan kembali pendiriannya yang teguh dalam mendukung Kerajaan dalam langkah-langkah yang diambil untuk mempertahankan tanah dan kedaulatannya, menjaga keamanan dan stabilitasnya, dan dalam upayanya untuk menghadapi segala bentuk terorisme dan pendukungnya.” (mm/almayedeen/rta)

Baca juga:

Media Israel:  Saudi, Oman dan Indonesia akan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

Jet Tempur Saudi Iringi Pesawat Pembom AS

DISKUSI: