Tanggapi Statemen GCC, Iran Nyatakan Tak Akan Menolerir Intervensi terhadap Proyek Nuklirnya

0
516

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, menegaskan Teheran pantang mentolerir campur tangan dalam program nuklir dan pertahanan Iran.

“Seharusnya dengan gerakan diplomatik baru-baru ini antara Republik Islam Iran dan Dewan Kerjasama Teluk Persia, pendekatan baru diadopsi oleh dewan menuju kerja sama regional,” kata Saeed Khatibzadeh saat menanggapi statemen final Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerjasama Teluk  (GCC) di Riyadh, Rabu (15/12).

Khatibzadeh meminta beberapa anggota GCC merevisi pendekatan mereka terhadap isu-isu regional dan mengganti tuduhan berulang dengan kerjasama.

Dia menegaskan, “Republik Islam Iran tidak mentolerir campur tangan dalam program nuklir dan pertahanan damai, serta urusan yang berkaitan dengan kebijakan militer dan pertahanan deterensi.”

Khatibzadeh juga menegaskan bahwa tiga pulau Abu Musa, Tunb Besar dan Tunb kecil adalah bagian permanen dan tak terpisahkan dari wilayah Iran.

Dia menekan bahwa Iran menganggap setiap klaim atas pulau-pulau ini sebagai campur tangan dalam urusan internal dan integritas teritorial Iran sehingga Teheran mengutuk keras tindakan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran lantas menyebutkan bahwa dalam kebijakan prinsipal pemerintah baru Iran, kerja sama dengan negara-negara jirannya adalah solusi bagi persoalan regional. (mm/mna)

Baca juga:

Aljazair Bantah Pasukan Iran Bantu Front Polisario Anti-Maroko

Pakar Israel: Israel Tak Sanggup Mencegah Iran Menjadi Negara Nuklir

DISKUSI: