Tanggapi Raja Salman, Ansarullah Yaman Nyatakan “Hanya Perangi AS di Saudi”

0
146

Sanaa, LiputanIslam.com –  Menanggapi pidato Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi pada sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman menyatakan bahwa pihak yang diperangi oleh kelompok ini sebenarnya “hanyalah Amerika Serikat (AS)”, yang dinilainya menyerang Yaman dari wilayah Saudi.

“Raja Salman hendaklah mengetahui bahwa yang kami perangi hanyalah AS, yang memerangi kami dengan senjatanya dari Saudi,” ungkap Mohammad Ali Al-Houthi, anggota Dewan Tinggi Politik Yaman yang berafiliasi dengan Ansarullah, di halaman Twitter-nya, Rabu (23/9/2020).

Dia menambahkan, “Kalau AS memiliki perhitungan terhadap Republik Islam Iran maka hendaklah mengerahkan senjata-senjata itu kepadanya, jika memang menghendakinya.”

Sebelumnya di hari yang sama, Salman menuding Ansarullah “menghentikan penyaluran bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman, menghalangi semua upaya pencapai solusi politik di Yaman”, dan tidak merespon upaya penerapan gencatan senjata.

Salman juga menuding Iran mencampuri urusan internal Yaman.

“Campur tangan rezim Iran di Yaman melalui kudeta milisi Houthi yang berafiliasi dengannya terhadap otoritas yang sah menyebabkan krisis politik, ekonomi dan kemanusiaan,”tudingnya.

Dia menambahkan bahwa kerajaannya tidak akan main-main dalam “mempertahankan keamanan nasionalnya.”

Sejak Maret 2015, Saudi memimpin koalisi Arab yang melancarkan operasi militer secara intensif di Yaman untuk mendukung pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbu Mansour Hadi dalam perang melawan Ansarullah. (mm/rta)

Baca juga:

Saudi akan Buka Kembali Ibadah Umrah Secara Bertahap Per 4 Oktober

Ansarullah Yaman Sebut UEA dan Bahrain Tempuh “Jalan Angker”

DISKUSI: