Saudi akan Buka Kembali Ibadah Umrah Secara Bertahap Per 4 Oktober

0
108

Riyadh,LiputanIslam.com-Pemerintah Arab Saudi menyetujui pembukaan kembali ibadah umrah, dengan syarat menjaga protokol kesehatan virus Corona.

Seorang pejabat di Kemendagri Saudi mengatakan, Riyadh telah mengeluarkan izin pelaksanaan umrah mulai 4 Oktober mendatang.

Menurutnya, keputusan ini diambil berdasarkan instruksi dari perangkat-perangkat terkait penanganan Corona, juga sebagai respons terhadap permohonan sejumlah besar Umat Muslim, baik di dalam atau luar Saudi, untuk melaksanakan umrah.

Ia menegaskan, selain pembukaan kembali umrah, keputusan ini juga mencakup kunjungan bertahap para peziarah ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Sebelum ini, harian Okaz telah mengabarkan pembukaan ibadah umrah secara bertahap. Menurut Okaz, para jemaah umrah secara bertahap akan mendapat izin melakukan ritual umrah dan memasuki Masjidil Haram. Dalam tahap pertama, sejumlah jemaah terbatas bisa hadir dalam prosesi tersebut.

“Rencana pembukaan umrah secara bertahap dilakukan berdasarkan pengaturan elektronik. Berdasarkan sistem ini, tanggal dan jam pelaksanaan ibadah haji akan ditentukan. Para jemaah umrah juga harus memiliki dokumen untuk membuktikan mereka tidak terpapar Corona,”tulis Okaz.

Ibadah haji tahun ini hanya berlangsung sangat terbatas di tengah pandemi Corona. Hanya beberapa ribu jemaah dari Saudi yang melaksanakan ibadah haji. (af/tasnim)

Baca Juga:

[Video] Mengenaskan, Pemandangan Manasik Haji Tahun Ini

Hamas Beri Tenggat Waktu 2 Bulan kepada Israel untuk Akhiri Blokade Gaza

DISKUSI: