Taliban Umumkan Kekuasaannya atas Panjshir, Ahmad Massoud Serukan Kebangkitan Rakyat

0
222

Kabul, LiputanIslam.com –  Kelompok Taliban di Afghanistan, Senin (6/9), mengumumkan kemenangannya atas Front Perlawanan Nasional (NRF) yang dipimpin Ahmad Massoud di Provinsi Panjshir, dan berjanji bahwa dalam pemerintahan yang akan dibentuk Taliban tidak akan ada diskriminasi terhadap penduduk Panjshir.

Taliban mengklaim perang sudah selesai setelah mengumumkan kemenangannya atas NRF usai pertempuran sengit yang berlangsung enam hari dan menjatuhkan ratusan korban tewas.

Taliban berjanji untuk tidak membalas dendam penduduk Panjshir, dan membantah kabar adanya perselisihan dalam tubuh Taliban, meski belum dapat menentukan tanggal deklarasi pemerintahan baru.

Di pihak lain, Kepala Hubungan Luar Negeri NRF Ali Mitham Nazari menyebut klaim kemenangan Taliban di Panjshir sebagai dusta karena NRF masih terus bertempur.

Ahmad Massoud sendiri dalam sebuah rekaman suara menyatakan bahwa perlawanan masih berlanjut di Panjshir dan menyerukan “kebangkitan nasional” melawan Taliban.  Namun dia mengakui bahwa Taliban telah menguasai Panjshir, dan beberapa anggota keluarganya tewas dalam pertempuran melawan Taliban.

Dalam rekaman itu Massoud mengatakan, “Perlawanan terhadap Taliban berlanjut di Panjshir. Di manapun Anda berada, di dalam maupun di luar negeri, saya menyerukan kepada Anda untuk memulai kebangkitan nasional demi kehormatan, kebebasan dan perkembangan negara kita.”

Dia menambahkan, “Taliban mendatangkan orang-orang asing untuk membunuh rakyat Afghanistan, kami menolak campur tangan asing di Afghanistan. Masyarakat internasional memberi kesempatan kepada Taliban untuk bertindak berani secara politik, padahal alih-alih sudah berubah Taliban justru semakin radikal dan fanatik dibanding sebelumnya.”

Sejauh suasana di Panjshir dilaporkan relatif tenang meski masih menyisakan ketegangan terkait perkembangan selanjutnya karena NRF masih bertahan di kantung-kantung mereka di Lembah Panjshir. (mm/alalam)

Baca juga:

Komandan Terkemuka Panjshir Tewas, Ahmad Massoud Nyatakan Siap Berunding

Taliban Nyatakan Ingin Jalin Hubungan dengan Rusia, Iran dan Pakistan

DISKUSI: