Komandan Terkemuka Panjshir Tewas, Ahmad Massoud Nyatakan Siap Berunding

0
240

Fahim Dashti

Panjshir, LiputanIslam.com –  Berbagai sumber berita melaporkan bahwa pihak Taliban maupun pihak Front Perlawanan Nasional (NRF) Fahim Dashti, Ahad (5/9), mengkonfirmasi tewasnya salah satu komandan pasukan NRF yang berbasis di Panjshir dalam pertempuran melawan pasukan Taliban.

Fahim Dashti belakangan ini adalah nama yang paling kerap mewarnai media Afghanistan terkait dengan konflik antara NRF dan Taliban. Dia sendiri juga seorang pegiat media sejak salah satu tokoh pejuang terkemuka Afghanistan mendiang Ahmad Shah Massoud (ASM) mendirikan majalah mingguan “Kabul” pada awal-awal dakade 1990.

Selain itu, Dahshti juga telah menulis beberapa buku mengenai Afghanistan dan menjadi jubir NRF yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, putra ASM, sebagaimana Dashti juga pernah menjadi jubir ASM.

Fahim Dashti juga merupakan kemenakan Abdullah Abdullah, Kelapa Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional Afghanistan. Dalam pernyataan sebelum tewas, Dashti kerap membantah klaim-klaim kemenangan Taliban dalam pertempuran.

Panjshir adalah satu-satunya provinsi di Afghanistan yang belum terkonfirmasi jatuh ke tangan Taliban. Pertempuran antara antara Taliban dan NRF sudah berlangsung hampir satu pekan setelah perundingan antara kedua pihak gagal membuahkan hasil.

Sementara itu, Ahmad Massoud memuji fatwa para ulama Kabul  yang mengharamkan pengerahan pasukan ke Panjshir.

Massoud juga menegaskan bahwa jika Taliban menghentikan serangannya di Panjshir, Kapisa, Parvan dan Andarab maka NRF siap menempuh jalur perundingan untuk pembentukan pemerintahan yang inklusif.

Sehari sebelumnya dia bersumpah untuk terus bertempur demi apa yang disebutnya kebebasan dan keadilan. Dia juga turut membantah klaim Taliban berhasil menguasai Panjshir.

Jubir Taliban di Qatar, Mohammad Suhail Shahin, pada Ahad malam lalu mengklaim bahwa pihaknya sejauh ini berhasil menguasai hampir seluruh wilayah provinsi Panjshir. (mm/fna)

Baca juga:

Ahmad Massoud Bersumpah untuk Terus Bertempur demi Kebebasan dan Keadilan

[Video:] Bikin Merinding, Sumpah Pasukan Perlawanan Anti-Taliban di Panjshir

DISKUSI: