Taliban Nyatakan Ingin Jalin Hubungan dengan Rusia, Iran dan Pakistan

0
222

Doha, LiputanIslam.com –  Kelompok Taliban yang berkuasa di Afghanistan menyatakan pihaknya ingin menjalin hubungan dengan Rusia, Iran dan Pakistan.

“Taliban berhasrat menjalin hubungan dengan Rusia, Iran dan Pakistan. Kami harus menjalin hubungan luas dengan Moskow, sebab ini akan menguntungkan Taliban dan Rusia. Iran dan Pakistan juga merupakan negara-negara yang kami ingin menjalin hubungan dengan mereka. Mereka butuh kami, dan kamipun butuh mereka,” ungkap Mohammad Akbar Agha, komandan lapangan Taliban dan ketua Dewan Tinggi Penyelamatan Afghanistan, dalam wawancara dengan TAS milik Rusia pada Ahad malam (5/9).

Dia juga menyatakan bahwa Taliban bahkan tak keberatan dengan keberadaan Kedubes AS untuk Afghanistan di Kabul.

“Saya kira, Taliban tidak akan menentang pembukaan Kedubes AS untuk Afghanistan. Tapi AS masih khawatir terhadap situasi Afghanistan sekarang sehingga kemungkinan besar dalam jangka waktu lama tidak akan ada kedubesnya,” jelas Akbar Agha.

Seperti diketahui, pasukan AS telah menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan pada 30 Agustus lalu setelah bercokol di negara ini selama sekira 20 tahun.

Sebelum itu, Taliban menyerbu Kabul dan berhasil menguasainya tanpa mendapat perlawanan dari tentara pemerintah pada 15 Agustus. Presiden Afghanistan melarikan diri ke luar negeri dengan alasan demi menghindari pertumpahan darah. (mm/fna)

Baca juga:

Komandan Terkemuka Panjshir Tewas, Ahmad Massoud Nyatakan Siap Berunding

Ahmad Massoud Bersumpah untuk Terus Bertempur demi Kebebasan dan Keadilan

DISKUSI: