Taliban Rebut 2000 Kendaraan Lapis Baja dan 40 Helikopter

0
316

Kabul, LiputanIslam.com –  Sejauh ini belum jelas jumlah pasti senjata yang telah direbut oleh Taliban, namun mereka diperkirakan memiliki setidaknya 2.000 kendaraan lapis baja, termasuk Humvee asal AS serta sejumlah besar helikopter dan pesawat nirawak.

Reuters melaporkan bahwa sebulanan yang lalu Kementerian Pertahanan Afghanistan memposting di media sosial foto-foto tujuh helikopter yang dikirim oleh AS baru tiba di Kabul.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir ini Taliban telah merebut sebagian besar wilayah Afghanistan serta semua senjata dan peralatan yang ditinggalkan oleh pasukan Afghanistan yang melarikan diri.

Sebuah rekaman video memperlihatkan gerilyawan Taliban memeriksa barisan panjang kendaraan dan membuka peti senjata api baru, peralatan komunikasi, dan bahkan pesawat nirawak militer.

“Segala sesuatu yang belum dihancurkan adalah milik Taliban sekarang,” ungkap seorang pejabat anonim AS kepada Reuters.

Para pejabat dan mantan pejabat AS mengatakan ada kekhawatiran senjata yang dapat digunakan untuk membunuh warga sipil itu direbut oleh kelompok militan lain seperti ISIS untuk menyerang kepentingan AS di wilayah tersebut.

Pemerintahan Presiden Joe Biden sangat prihatin ihwal senjata tersebut dan sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk mendapatkannya lagi. (mm/mna)

Baca juga:

Kontak Senjata Sengit Pecah, Tiga Kawasan Lepas dari Tangan Taliban

Wow, Afghanistan Menyimpan Harta Karun Lithium Terbesar di Dunia

DISKUSI: