Takut Iran, Para Petinggi Militer AS, Israel dan Arab Adakan Pertemuan Rahasia di Mesir

0
58

NewYork, LiputanIslam.com  Surat kabar Amerika Serikat (AS) Wall Street Journal, Ahad (26/6), bahwa AS mengadakan pertemuan rahasia antara para petinggi militer Israel dan Arab di kota Sharm el-Sheikh, Mesir,  pada Maret lalu, untuk membahas langkah antisipasi bagi apa yang mereka sebut ancaman udara Iran.

Dikutip surat kabar itu, para pejabat AS, Israel dan Arab dan Israel menyatakan pertemuan itu melibatkan para petinggi militer Israel, Arab Saudi, Qatar, Mesir dan Yordania, dan terjalin koordinasi untuk melawan “kemampuan rudal dan drone Iran” serta dilakukan pembahasan mengenai kemungkinan kerjasama militer.

Pertemuan itu dihadiri Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Aviv Kochavi, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Saudi Fayyad bin Hamed Al-Ruwaili, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Qatar Salem bin Hamad Al-Nabit, serta para pemimpin senior dari Yordania, Mesir dan Bahrain, sementara UEA mengirim perwira berpangkat lebih rendah.

Para peserta pertemuan tersebut mencapai kesepakatan awal tentang pemberitahuan cepat ketika “ancaman udara Iran” terdeteksi. Pemberitahuan via  telepon atau komputer akan dikirim ketika ancaman terdeteksi, tanpa berbagi data digital berkecepatan tinggi seperti yang dilakukan militer AS.

Namun demikian, kesefahaman mereka itu tidak akan mengikat, meski langkah selanjutnya adalah menjamin adanya dukungan bagi para pemimpin politik untuk melegalkan pengaturan pemberitahuan dan perluasan kerjasama.

Pertemuan ini dilakukan menyusul adanya diskusi rahasia dalam kelompok kerja tingkat rendah antara perwakilan dari sejumlah negara tersebut untuk membahas skenario kerjasama pendeteksian ancaman udara. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Ujicoba Roket Pembawa Satelit Zuljanah Buatannya untuk Kedua Kalinya

AU Iran akan Pamerkan Rudal Baru Berjarak Jangkau Ratusan Kilometer

DISKUSI: