Takut Dibalas Telak, Israel Tak Berani Serang Konvoi Minyak Iran di Lebanon

0
328

TelAviv, LiputanIslam.com –  Israel merisaukan masuknya minyak Iran ke Lebanon dan telah melontarkan berbagai pernyataan miring tentang ini serta mengaitkannya dengan masalah keamanan. Meski demikian, rezim Zionis itu tak berani menyerang konvoi truk tanki yang mengangkut minyak Iran dari Pelabuhan Baniyas, Suriah, ke Lebanon.

Tentang ini, seorang petinggi militer Israel, Jumat (17/9), menyatakan bahwa tindakan terhadap konvoi tersebut akan memancing ketegangan yang tak perlu sehingga tak seorangpun di Tel Aviv mendukungnya.

Hanya saja, sebagaimana dikutip Times of Israel, petinggi militer yang meminta namanya tak disebutkan itu dalam wawancara dengan saluran 12 mengklaim bahwa tindakan langsung terhadap ekonomi Lebanon tak dilakukan oleh Tel Aviv demi menghindari kecaman dari publik Lebanon dan masyarakat internasional.

Senada dengan ini, Eli Sharvit, seorang komandan Israel yang baru saja pensiun dari Angkatan Laut Israel dalam wawancara dengan AP mengaku mendukung kebijakan tersebut.

“Israel sama sekali tak berkeinginan mencegat konvoi bahan bakar yang dikirim ke Lebanon,” ujarnya.

Media Lebanon pada dini hari Kamis lalu melaporkan bahwa konvoi truk tanki pengangkut minyak Iran telah tiba di Lebanon, negara yang sejak satu setengah tahun lalu mengalami krisis ekonomi parah, termasuk di sektor bahan bakar, akibat sanksi AS.

Sementara itu, reporter saluran berita Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon melaporkan bahwa menyusul kapal tanker minyak pertama Iran, kapal tanker kedua yang mengangkut bahan bakar minyak Iran untuk Lebanon telah memasuki perbatasan Suriah dan sedang bergerak menuju perbatasan Lebanon. (mm/fna)

Baca juga:

Iran Nyatakan Kirim Minyak ke Lebanon Seusai Konstitusi tentang Dukungan kepada Umat Islam

[Video:] Konvoi Truk Tanki Minyak Iran Masuk ke Lebanon

DISKUSI: