Iran Nyatakan Kirim Minyak ke Lebanon Seusai Konstitusi tentang Dukungan kepada Umat Islam

0
253

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran menyatakan bahwa negara ini mengirim bahan bakar minyak ke Lebanon sesuai konstitusi Republik Islam Iran ihwal dukungan kepada umat Islam.

“Pengiriman bahan bakar minyak Iran ke Lebanon untuk memecah blokade AS merupakan perwujudan nyata penerapan salah satu pasal konstitusi Iran, yang menganjurkan pemerintah menggunakan kebijakan luar negerinya untuk menyokong bangsa-bangsa Muslim,” ungkap Badan Garda Konstitusi Iran, Hadi Tahan Nazif, di halaman Twitter-nya, Kamis (16/9).

Belakangan ini para netizen Lebanon memublikasi rekaman-rekaman video konvoi truk tanki yang mengangkut bahan bakar minyak Iran dari Pelabuhan Baniyas, Suriah, ke Lebanon. Konvoi pertama truk itu telah memasuki Lebanon pada hari Kamis kemarin.

Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah Senin lalu mengumumkan bahwa kapal tanker minyak pertama Iran telah tiba di Pelabuhan Baniyas satu hari sebelumnya, dan mulai membongkar muatannya yang dijadwalkan tiba di Lebanon pada hari Kamis.

Pujian dari Irak

Wakil Sekjen Gerakan Al-Nujaba Irak Nasr Al-Shammari memuji  pengiriman minyak Iran demi meringankan krisis bahan bakar yang mendera bangsa Lebanon tersebut, meski harus menerjang blokade AS.

“Untuk kesekian kalinya, bangsa resisten Lebanon meraih kemenangan, sebagaimana sudah biasa bagi kita selama 40 tahun terakhir, di bawah pimpinan Sang Pemuka Resistensi dan Hizbullah nan jaya, dan musuhpun mundur, harapannya kandas, dan jerih payah dan penghamburan dananya sia-sia,” ungkap Al-Shammari di Twitter.

Dia menambahkan, “Sekali lagi, Republik Wali Faqih (Iran) membuktikan statusnya sebagai sekutu yang tangguh dan setia. Bukankah ini adalah perwujudan dari firman Allah SWT;Maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.” (QS. Al-Maidah [5]: 56) (mm/alalam)

Baca juga:

[Video:] Konvoi Truk Tanki Minyak Iran Masuk ke Lebanon

Atwan Sanjung Pukulan Telak Sekjen Hizbullah atas Hegemoni AS

DISKUSI: