[Video:] Konvoi Truk Tanki Minyak Iran Masuk ke Lebanon

0
1223

Baalbek, LiputanIslam.com –  Konvoi truk tanki minyak Iran pendobrak blokade AS telah memasuki Lebanon, dan dilapor reporter saluran berita Al-Alam milik Iran telah mencapai Jembatan Al-Asi di distrik Hermel, Baalbek, dari arah wilayah Suriah.

Konvoi itu mencapai Lebanon melalui beberapa gelombang dan akan didistribusikan ke beberapa tempat vital secara cuma-cuma.

Konvoi minyak itu bertolak dari Pelabuhan Baniyas, Suriah, menuju Lebanon, dan diperkirakan akan mengosongkan muatannya pada hari ini di kawasan Bekaa.

Konvoi tanki bahan bakar itu disambut dengan poster-poster besar dan spanduk yang dipasang di pinggir jalan-jalan yang dilintasi konvoi. Beberapa spanduk di antaranya berterakan tulisan bahwa Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah telah mencetak kemenangan baru.

Berbagai pihak yang mengatur pengiriman minyak itu mengkonfirmasi bahwa bahan bakar itu akan didistribusikan ke semua wilayah Lebanon di utara dan selatan, termasuk Bekaa dan Ibu Kota Beirut, sedangkan pihak-pihak penerimanya antara lain sektor-sektor kesehatan, ekonomi, sekolah, pabrik dan rumah produksi roti serta jaringan pembangkit listrik.

Di media sosial beredar beberapa video yang merekam detik-detik melintasnya truk-truk tanki minyak tersebut ketika memasuki wilayah Lebanon.

Menurut Al-Alam, sejauh ini jumlah truk tanki yang dikerahkan untuk mengakut minyak Iran dari Suriah menuju Lebanon mencapai 150 unit, sementara laporan Reuters sebelumnya menyebutkan bahwa kapal tanker Iran menurunkan sebanyak 33.000 metrik ton gasoil di Pelabuhan Baniyas, dan proses pengangkutannya ke Lebanon membutuhkan 1.310 truk tanki.

Seperti diketahui, pengiriman minyak Iran ke Lebanon yang dengan sendirinya mengabaikan sanksi dan blokade AS dilakukan atas inisiatif Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah, meski sebagian kecil orang di Lebanon menentangnya karena melanggar sanksi AS dan beresiko mendapat serangan dari Israel.

Sayid Nasrallah menyatakan bahwa selain kapal pertama Iran yang telah membongkar muatannya di pelabuhan tersebut, masih adalah tiga kapal tanker minyak lain yang akan menyusul. (mm/alalam/mem)

Baca juga:

Atwan Sanjung Pukulan Telak Sekjen Hizbullah atas Hegemoni AS

Reuters: Dobrak Sanksi AS, Tanker Iran Turunkan 33,000 Metrik Ton Minyak di Suriah untuk Lebanon

DISKUSI: