Tak Gubris Ancaman AS, Kapal Iran ke-6 Dekati Venezuela

0
147

Teheran, LiputanIslam.com –  Kapal ke-6 Iran yang membawa suku cadang untuk perbaikan kilang berlayar mendekati perairan Venezuela meskipun mendapat penentangan dan ancaman dari Amerika Serikat (AS).

TankerTrackers.com,  layanan online yang melacak pelayaran internasional, Sabtu (20/6/2020),  melaporkan bahwa kapal berbendera Iran Golsan meninggalkan Pelabuhan Shahid Rajaee, Bandar Abbas, Iran selatan, pada 17 Mei, dan sekarang sedang bergerak di perairan Karibia menuju pantai Venezuela serta diperkirakan akan merapat ke pelabuhan negara Amerika Latin itu dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, Russ Dallen, kepala Caracas Capital Markets, perusahaan investasi yang bermarkas di Miami, mengatakan kapal kargo itu “membawa suku cadang untuk kelanjutan perbaikan kilang yang roboh di Venezuela”.

Baca: Iran Sebut Tiga Negara Eropa Masuk Perangkap AS dan Israel

Dallen menambahkan bahwa kapal Iran itu berlayar dengan kecepatan sekitar 13,1 knot dan diperkirakan akan tiba di pelabuhan Venezuela pada hari Ahad atau Senin (21-22/6/2020). Kapal itu mendekati perairan Karibia pada hari Jumat lalu setelah perjalanan laut lepas dari Iran.

Baca: Video: Peringati Penembak Jatuhan Drone Supercanggih AS, Iran Luncurkan Sistem Pertahanan Udara “3 Khordad” Versi AL

Dubes Iran untuk Venezuela Hojjatullah Saltani dalam wawancara dengan saluran Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon mengatakan bahwa kapal ke-6 Iran juga membawa bahan makanan.

Awal bulan ini, lima tanker minyak Iran telah berhasil mengirim jutaan barel bensin dan komponen ke Venezuela yang menderita krisis bahan bakar, dan sekarang berada dalam perjalanan pulang ke Iran.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro berterima kasih kepada Iran, Cina, Rusia dan Kuba atas bantuan mereka ke Venezuela, dan menyebut empat negara itu sebagai para sahabat sejati. (mm/fna/alalam)

DISKUSI: