Iran Sebut Tiga Negara Eropa Masuk Perangkap AS dan Israel

0
104

Teheran,LiputanIslam.com-Kemenlu Iran melalui jubirnya merespons keras resolusi usulan Jerman, Inggris, dan Prancis yang disahkan Dewan Gubernur IAEA.

Abbas Mousavi menyatakan, langkah Dewan Gubernur ini tidak diterima Iran, sebab Teheran telah melakukan kerjasama paling transparan dan dalam level tertinggi dengan Badan Energi Atom Internasional itu.

“Setelah semua kerjasama ini, Iran tidak menerima tekanan atas dirinya, hanya karena dalih-dalih kosong dan klaim-klaim yang didasari info keliru dan cacat,”kata Mousavi.

“Mereka sendiri tahu bahwa Iran bukan negara, pemerintah, atau bangsa yang tunduk di hadapan pemerasan dan tekanan. Fondasi kerjasama kami sudah jelas. Iran menolak resolusi ini,”imbuhnya.

“Lebih penting dari semuanya adalah dualisme aneh Eropa, terutama Jerman, Inggris, dan Prancis. Meski mereka masih berada dalam JCPOA, tahu kondisi saat ini, dan memahami latar belakang perjanjian ini, namun sayangnya mereka terlibat dalam permainan yang membahayakan dan tidak konstruktif.”

“Kami pikir, mereka sudah terjebak dalam perangkap yang dipasang AS dan Israel. Mereka menunjukkan diri sebagai negara-negara lemah, juga menunjukkan kepada kita bahwa mereka tak bisa dipercaya,”tandas Mousavi.

Dia memperingatkan, langkah ini akan mendatangkan konsekuensi-konsekuensi yang akan ditanggung pihak-pihak yang merancang resolusi tersebut.

Resolusi ini memaksa Iran untuk memenuhi komitmennya terkait NPT (Perjanjian Nonproliferasi Nuklir) dan Protokol Susulan. Sekjen IAEA juga menyatakan akan menekan Iran agar mengizinkan organisasi ini menginspeksi sejumlah situs nuklir. (af/fars)

Baca Juga:

Jurnalis Israel: Hanya dalam Tempo 3 Jam Kami akan Duduki Yordania dengan 2 Tank

Menlu Iran Minta 3 Negara Eropa Jangan Jadi Sekutu Kejahatan AS

 

DISKUSI: