Tahanan Palestina Tikam Sipir Israel, Hamas Angkat Suara

0
151

Quds, LiputanIslam.com –  Media Israel pada Senin malam (20/12) melaporkan bahwa seorang tahanan Palestina yang berafiliasi dengan Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) telah menikam seorang sipir di penjara Nafheh di bagian selatan Israel (Palestina pendudukan 1948) hingga sipir itu dilarikan ke rumah sakit.

Saluran 12 Israel memberitakan bahwa tahanan Palestina bernama Yusuf Al-Mabhuh yang berasal dari Jalur Gaza telah menusukkan benda tajam ke sipir penjara Nafheh, namun hanya menyebabkan luka ringan pada bagian wajah sipir itu.

Tanpa menyebutkan motif dan faktor yang menyebabkan terjadinya aksi penusukan tersebut, saluran itu melaporkan bahwa keadaan segera terkendali usai insiden tersebut.

LSM Klub Tahanan Palestina menyatakan bahwa telah terjadi perkelahian antara salah seorang tahanan Palestina dan para sipir di penjara tersebut hingga kemudian pihak otoritas penjara mengirim pasukan tambahan ke ruang-ruang penjara lainnya.

Sementara itu, Pusat Informasi Palestina di Twitter memosting sebuah gambar keluarga tahanan Al-Mamhuh membagi-bagikan kue di Gaza sebagai ungkapan gembira atas keberanian Al-Mabhuh menyerang sipir Israel.

Nahid Al-Fakhouri, Direktur kantor Media Tahanan yang bernaung di bawah Hamas di Gaza, berkomentar bahwa aksi penusukan itu merupakan “reaksi yang wajar atas agresi dan penyiksaan tahanan”.

Dalam siaran persnya dia menambahkan bahwa otoritas penjara Israel harus bertanggungjawab sepenuhnya atas segala peristiwa yang terjadi di dalam penjara.

Sehari sebelumnya, lembaga-lembaga peduli tahanan Palestina menuding otoritas penjara Al-Damun di Israel utara telah melakukan aksi penyiksaan secara berantai terhadap para tahanan wanita Palestina.

Disebutkan bahwa sampai akhir November lalu jumlah wanita Palestina yang dijebloskan ke dalam penjara itu 32 orang, sedangkan jumlah total tahanan Palestina di penjara-penjara Israel 4550 orang, termasuk 170 anak di bawah umur dan 500 tahanan administratif. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Haniyeh: “Perjanjian Abad ini” Ada di Bawah Telapak Kaki Kami

Gaza Diprediksi Tolak Proposal Bantuan Ekonomi dari Menlu Israel

DISKUSI: