Haniyeh: “Perjanjian Abad ini” Ada di Bawah Telapak Kaki Kami

0
238

Istanbul, LiputanIslam.com –  Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh menegaskan bahwa Perjanjian Abad Ini dan pengakuan  Amerika Serikat (AS) atas Quds (Yerussalem) sebagai ibu kota Israel adalah keputusan yang diabaikan dan diinjak-injak oleh orang-orang Palestina.

“Perjanjian Abad Ini dan deklarasi AS yang menganggap Quds sebagai ibu kota rezim okupasi Israel adalah keputusan yang ada di bawah telapak kaki kami, kami mencabiknya dengan roket, senapan dan slogan-slogan kami, dan dengan kebertahanan di Quds dan Al-Aqsa,” tegas Haniyeh dalam Konferensi Akademi Internasional ke-21 untuk Kajian Baitul Maqdis yang diadakan di Istanbul, Turki, via aplikasi Zoom, Jumat (17/12).

Dia menyebut Quds sebagai “poros konflik menyeluruh dengan musuh, Zionis, serta simbol kesatuan dan persatuan umat”, memastikan resistensi menyeluruh sebagai jalan pembebasan, dan menekankan bahwa Hamas sekarang sudah semakin dekat dengan penuntasan konflik.

Haniyeh mengangkat empat poin sebagai kerangka kognitif dalam konflik dengan Israel dan perlindungan bagi kesucian; pertama, menegaskan kembali bahwa masalah Palestina adalah urusan umat,  bukan bangsa; kedua, mengkonsolidasikan kesadaran bahwa Zionis adalah musuh utama umat; ketiga, Quds adalah pusat konflik; dan keempat, memperkuat perlawanan komprehensif sebagai opsi strategis untuk pembebasan.

Dia memastikan bangsa Palestina sanggup melanjutkan intifada dan ketahanannya sampai tercapai kemenangan dan pembebasan, sebagaimana terlihat dalam operasi serangan yang dilancarkan oleh salah seorang pejuang Palestina di Tepi Barat pada Kamis lalu, yang menewaskan seorang Zionis.

Haniyeh memaparkan rencana dan upaya Israel pada bulan suci Ramadhan mendatang untuk Judaisasi Quds, namun dia menegaskan, “Kami yakin sepenuhnya bahwa rencana ini akan gagal dan hancur membentur batu keras keteguhan, kesadaran dan resistensi Palestina dan umat.(mm/alalam)

Baca juga:

Gaza Diprediksi Tolak Proposal Bantuan Ekonomi dari Menlu Israel

Satu Pemukim Zionis Israel Tewas Ditembak Pejuang Palestina, Hamas Sampaikan Pujian

DISKUSI: