Gaza Diprediksi Tolak Proposal Bantuan Ekonomi dari Menlu Israel

0
380

Gaza,LiputanIslam.com-Pekan ini, Menlu Israel Yair Lapid dikabarkan telah mengajukan proposal ekonomi kepada Mesir. Dia mengaku, dirinya telah membicarakan proposal ini dengan Menlu AS Antony Blinken, Menlu Rusia Sergey Lavrov, dan sejumlah pejabat Mesir, Uni Eropa, dan negara-negara Arab sekitar Teluk Persia.

Menurut Lapid, proposal ini mencakup 2 tahap. Pertama, rekonstruksi dan pemenuhan kebutuhan kemanusiaan di Gaza sebagai imbalan pelemahan kekuatan militer Hamas. Kedua, proposal ekonomi lengkap yang menjamin keamanan.

Ia menjelaskan, tahap kedua meliputi pembangunan pelabuhan, jaringan komunikasi antara Gaza dan Tepi Barat, investasi di Gaza, serta proyek ekonomi bersama antara Israel, Mesir, dan PNA.

Meski demikian, sumber-sumber militer Israel mengakui, sulit untuk meyakinkan Hamas dan Jihad Islam menyingkirkan senjata mereka demi tawaran makanan atau iming-iming ekonomi jangka panjang. Apalagi saat ini kondisi Jalur Gaza kian memburuk.

Sumber-sumber ini menambahkan, jika semua pihak menginginkan gencatan senjata nyata di Gaza di tengan ancaman terhadap Rezim Zionis saat ini, Tel Aviv mesti memberikan tawaran praktis dan berani. (af/fars)

Baca Juga:

Rayakan Ultah, Hamas Tegaskan Kelanjutan Perlawanan Hingga Quds Dibebaskan

Gempar, Senator AS Tuding Israel dan Saudi Dalang Pembunuhan Mantan PM Lebanon

DISKUSI: