Survei Gallup: Kepuasan Publik Iran kepada Presiden Raisi Jauh Melampaui Rouhani

0
319

Washington, LiputanIslam.com –   Hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga survei Gallup mencatat tingginya kepuasan publik Iran kepada pemerintahan baru di bawah kepresidenan Sayid Ebrahim Raisi.

Gallup melaporkan kepuasan publik Iran kepada kinerja pemerintahan baru Iran mencapai lebih dari 70%.

“Hanya beberapa minggu setelah kepresidenan Ebrahim Raisi, survei Gallup di Iran menunjukkan bahwa Raisi mendapat dukungan dari rakyat Iran yang sebagian besar menghindari pendahulunya, Hassan Rouhani. Tak lama setelah Raisi menjabat pada bulan Agustus, 72% orang Iran menyatakan persetujuan atas pekerjaan yang dia lakukan,” tulis Gallup di situsnya, Kamis (21/10).

Gallup menjelaskan bahwa data terakhir ini berasal dari survei yang dilakukannya pada 24-31 Agustus, tiga minggu setelah Raisi menjabat.

“Raisi telah dicirikan di Barat sebagai ulama konservatif garis keras, kontras dengan Rouhani yang dianggap sebagai sosok lebih moderat yang berpotensi mereformasi pemerintah Iran. Terlepas dari karakterisasinya sebagai seorang moderat, Rouhani tidak pernah menerima persetujuan atas kinerjanya pada tingkat mayoritas dalam salah satu bacaan Gallup selama masa kepresidenannya,” lanjut Gallup.

Dalam survei Gallup yang dilaukan pada November 2020, popularitas pemerintahan Rouhani hanya mendapat kepuasan dari sepertiga rakyatIran.

Tingginya kepuasan publik kepada Presiden Raisi, menurut Gallup, disebabkan antara lain oleh ketersediaan vaksin Covid-19 yang di dapat dari sumber-sumber Barat.

Di bagian akhir laporannya, Gallup menyebutkan bahwa jika pemerintahan Raisi dapat memenuhi janjinya dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat maka negara ini akan menjadi lebih resisten terhadap tekanan asing. (mm/gallup)

Baca juga:

Dikunjungi Pejabat Turki, Iran Nyatakan Tak Biarkan Pelaku Makar Merusak Hubungannya dengan Turki

Iran: Referendum adalah Solusi Tunggal untuk Palestina

DISKUSI: