Sukses Peragakan Pertahanan Udara Buatannya, Iran Nyatakan Kejutan Siap Menyongsong Agresor

0
135

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah mengembangkan kemampuan khusus untuk mengejutkan musuh dalam kemungkinan konfrontasi di masa depan. Demikian dinyatakan oleh Wakil Komandan Pasukan Dirgantara IRGC untuk Koordinasi Brigjen Fereidoun Mohammadi Saqqayee.

“Kami tidak akan pernah berhenti mengembangkan dan meningkatkan peralatan kami,” ujarnya di sela-sela latihan udara gabungan Angkatan Bersenjata Iran dan IRGC, Kamis (22/10/2020).

Dia menjelaskan, “Mengingat fakta bahwa tingkat dan kualitas ancaman di udara terus berubah dan terdapat berbagai ancaman signifikan, kemampuan pertahanan Pasukan Dirgantara IRGC juga berubah dan diperbarui setiap hari sejalan dengan ancaman ini dengan cara bahwa hari ini kami telah menyiapkan serangkaian kemampuan mengejutkan untuk menghadapi musuh.”

Saqqayee bersumbar, “Tentu, hanya sebagian dari kemampuan kami di bidang pertahanan udara yang telah digunakan dalam latihan ini, dan musuh akan melihat kekuatan mengejutkan kami saat dibutuhkan.”

Angkatan Bersenjata dan IRGC menggelar latihan perang udara bersandi “Pembela Langit Velayat-99” sejak Rabu lalu hingga Kamis kemarin.

Dalam latihan tempur itu sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara Bavar 373 buatan dalam negeri berhasil mencegat dan menghancurkan target yang dipandu elektro-optik.

Sistem bergerak itu dirancang dan diproduksi oleh para ahli Iran pada Agustus 2019  dengan menggunakan rudal yang berjarak jangkau maksimum 300 kilometer untuk mencegat dan menghancurkan target musuh yang datang.

Sistem ini mampu secara bersamaan mendeteksi hingga 300 target, melacak 60 target sekaligus dan melawan enam target sekaligus. (mm/fna)

Baca juga:

Pasukan Iran Hancurkan Target Agresif  dengan Sistem Pertahanan Udara Buatan Lokal

Iran Tak Berniat Terlibat di Kompetisi Persenjataan di Timteng

DISKUSI: