Soal Karish, Sayid Nasrallah: Kami akan Bertindak Sesuai Hasil Negosiasi Lebanon-Israel

0
113

Beirut, LiputanIslam.com   Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah menyatakan bahwa kelompok pejuang yang berbasis di Lebanon ini akan menentukan bagaimana mereka akan bertindak terhadap Israel berdasarkan hasil negosiasi perbatasan laut Lebanon-Israel.

Dalam pidato televisi untuk majelis Asyura di pinggiran selatan Beirut, Ahad (31/7), Sayid Nasrallah menegaskan, “Lebanon memiliki peluang bersejarah dalam masalah migas. Kita memiliki harta karun di laut, dan ada kemungkinan bahwa kita akan berperang, selain kemungkinan tidak memilih opsi itu, dan hari ini kita berada dalam situasi yang lebih baik.”

Dia menambahkan, “Bertolak dari hasil negosiasi, kita akan menentukan bagaimana kita akan bertindak dalam waktu dekat ini.”

Sekjen Hizbullah menuturkan, “Ada kesempatan bersejarah dan emas untuk menyelamatkan negara, dan hal ini perlu diambil. Karena itu, mari kita ambil risiko itu, dan kita siap mempersembahkan diri kita dan orang-orang yang kita cintai demi melindungi negara dan orang-orang kita.”

Menyinggung kedatangan kordinator AS ke Lebanon, Sayid Nasrallah mengatakan, “Yang kita inginkan dalam soal migas adalah untuk membantu negara kita, dan memberikan elemen kekuatan negara dalam negosiasi. Besok pagi, mediator AS Amos Hochstein akan mengadakan pertemuan dengan tiga pimpinan (lembaga tinggi negara Lebanon).”

Dia juga mengatakan, “Kami bukan pihak dalam negosiasi mengenai demarkasi perbatasan, kami tidak menugaskan siapa pun untuk melakukannya, dan bukan tanggung jawab kami untuk melakukan ini.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hizbullah Rilis Video Ancaman, Ini Komentar Media Israel

Dilema Kubu AS di Lebanon, Penuhi Tantangan Hizbullah atau Dipermalukan

DISKUSI: