Sistem Rudal “Bavar 373” Buatan Iran Masuki Babak Pertama Ujicoba Berjarak Jangkau 300 Km

0
202

Teheran, LiputanIslam.com  Komandan Unit Pertahanan Udara Angkatan Bersenjata Iran, Brigjen Alireza Sabahi Fard, mengumumkan bahwa ujicoba awal sistem rudal “Bavar 373” telah dilakukan pada jarak 300 km.

Hal itu dikatakan Sabahi Fard dalam upacara yang diadakan pada hari Minggu (16/10) di Universitas Pertahanan Udara ketika dia berbicara tentang peran sains dan teknologi dalam periode Pertahanan Suci (Perang Iran-Irak 1980-1988).

“Kita sekarang membentuk kekuatan pertahanan mutlak di tingkat kawasan, kita memantau penuh penuh pergerakan musuh kita, dan kita dapat memantau mereka di rumah dan pangkalan mereka,” ujarnya.

Dia menjelaskan, “Iran yang mengalami kelangkaan senjata dan sistem ketika menghadapi Irak selama periode Pertahanan Suci kini justru melakukan manuver menggunakan perangkat pertahanan terbaik buatan dalam negeri, yang dikembangkan sesuai dengan standar teknologi internasional.”

Dia juga mengatakan, “Musuh kitapun sekarang mengakui bahwa kita memiliki kekuatan regional absolut di bidang pertahanan udara.”

Menurutnya,  pasukan pertahanan udara Iran terus mengembangkan sistemnya sesuai dengan tingkat ancaman.

Sabahi Fard menambahkan, “Iran telah mencapai kekuatan sedemikian rupa sehingga menghalangi musuh untuk memperlihatkan ototnya. Ketika musuh sekarang tidak menyerang kita maka ini adalah karena keperkasaan bangsa Iran.”

Dia menyebutkan bahwa dengan memiliki sistem pertahanan udara buatan dalam negeri, Iran kini dapat memantau sejauh ribuan kilometer dan mencermati pergerakan musuh bahkan di pangkalan-pangkalan militernya.

Dia lantas mengingatkan musuh untuk tidak mencoba berpikir akan menyerang Iran.

“Kami siap dengan segenap kekuatan untuk berkonfrontasi, dan reaksi kami akan menjerakan agresor,” tegasnya.

Manuver IRGC

Sementara itu, Angkatan Darat Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) hari ini dijadwalkan memulai babak utama latihan perangnya pada hari ini, Senin (17/10).

Komandan Pasukan Darat IRGC, Brigjen Mohammad Pakpour, dalam siaran persnya mengatakan, “Babak utama manuver kekuatan Angkatan Darat IRGC akan dimulai Senin besok dengan slogan Iran perkasa.”

Dia menambahkan bahwa latihan perang ini digelar di dua provinsi Ardebil dan Azerbaijan Timur di bawah pengawasan Markas Asyura IRGC.

Pakpour menyebutkan bahwa manuver ini antara lain menjalankan latihan operasi pasukan penerjun, serangan malam hari, operasi helikopter tempur, operasi drone tempur dan kamikaze, serta pembangunan jembatan di atas Sungai Aras, kontrol atas jalan darat dan dataran-dataran tinggi serta serangan penghancuran.

Dia juga mengatakan, “Pesan dari manuver ini adalah pesan perdamaian dan kecintaan untuk negara-negara tetangga, dan promosi keamanan yang berkelanjutan, sedangkan pesan untuk musuh ialah bahwa Angkatan Darat IRGC bersama dengan angkatan bersenjata lainnya siap mempertahankan perbatasan negara, dan akan tegas menanggapi setiap ancaman.” (mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

Ditemui Para Ulama Peserta Konferensi Internasional Persatuan Islam, Ayatullah Khamenei Pastikan Keruntuhan Tatanan Dunia Unipolar

Presiden IranTuding Presiden AS Hasut Kekacauan di Iran

 

DISKUSI: