Sistem Pertahanan Udara Iran Mengincar Jet Tempur Israel di Negara-Negara Poros Resistensi

0
372

TelAviv, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber militer dan keamanan Israel mengakui bahwa dengan meningkatnya kemampuan sistem pertahanan udara Poros Resistensi melalui rudal-rudal darat ke-udara buatan Iran, langit Suriah, Lebanon dan Irak menjadi tak aman lagi bagi jet tempur Israel.

Dikutip Tasnim, surat kabar Israel Haaretz, Selasa (25/10), dalam laporannya tentang itu menyatakan bahwa kawasan-kawasan yang semula menjadi ajang serangan berkala yang dikaitkan dengan Israel kini berbahaya bagi jet tempur Israel akibat kemajuan Iran dalam pengembangan sistem pertahanan udara.

Bertolak dari asumsi intelijen yang laporannya telah diserahkan kepada para pejabat politik Israel dalam beberapa bulan terakhir, para pakar militer menyebutkan bahwa Iran memiliki rudal-rudal yang jika ditempatkan di Suriah, Lebanon, Irak dan kawasan lain maka serangan Israel di sana akan bermasalah dan bahkan beresiko tertembak jatuhnya jet tempur Israel.

Berdasarkan tindakan tentara Suriah dalam penembakan rudal darat ke udara ke arah jet tempur Israel dari sistem pertahanan udara buatan Iran, para pakar menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Iran telah memperkuat pertahanan udara Suriah secara signifikan dan meningkatkan kemampuannya menghadapi serangan udara.

Evaluasi para pakar militer Israel menunjukkan bahwa penggunaan sistem buatan Iran oleh militer Suriah telah meningkatkan kecepatan reaksinya terhadap serangan, dan ini juga menimbulkan kekhawatiran badan-badan intelijen dan keamanan Israel terhadap kemungkinan penggunaan sistem itu di berbagai kawasan lain semisal Lebanon, Yaman dan bahkan Jalur Gaza sehingga Angkatan Udara Israel kini mencari jalan untuk menghadapi senjata tersebut.

Surat kabar Israel lain, Jerussalem Post (JP), di hari yang sama juga memuat laporan tentang penyebaran sistem pertahanan udara Iran di berbagai kawasan, termasuk Suriah.

JP menyebutkan, “Sebagai upaya menghadapi jet tempur Israel, Iran mengubah penyebaran baterai rudal anti jet tempurnya dan memisah radar dari anjungan peluncur rudal.”

JP menambahkan, “Angkatan Udara Israel menyadari kuatnya industri (militer) Iran, dan meski bisa jadi negara ini tak memiliki kekuatan udara namun kemampuan pesawat nirawaknya meresahkan dan menjadi ancaman besar bagi Israel dan negara-negara regional lain.” (mm/tasnim/raialyoum)

Baca juga:

Israel Bantah Jet Tempurnya Diserang dengan Rudal Iran

Israel Persiapkan Kemungkinan Serangan terhadap Situs Nuklir Iran

DISKUSI: