Israel Persiapkan Kemungkinan Serangan terhadap Situs Nuklir Iran

0
220

TelAviv, LiputanIslam.com –  Angkatan Udara Israel sedang mempersiapkan serangan potensial terhadap Iran untuk menghentikan apa yang disebut Israel upaya Teheran memroduksi senjata nuklir jika negosiasi dengan Iran dengan beberapa negara terkemuka dunia di Wina gagal.

“IDF (Pasukan Pertahanan Israel) terus melatih dan meningkatkan kemampuannya menghadapi berbagai ancaman Iran. Ini jelas merupakan salah satu masalah inti terpenting yang kami hadapi dalam rencana 2022,” kata juru bicara militer Israel Letkol Amnon Shefler di Pangkalan Udara Ovda di Israel selatan, tempat latihan militer berlangsung.

Tentara Israel telah meluncurkan departemen baru yang bertugas menangani “semata-mata dan langsung dengan ancaman Iran,” kata Shefler.

Sumber-sumber militer mengkonfirmasi bahwa kepala staf umum IDF Aviv Kohavi telah memerintahkan Angkatan Udara Israel untuk meningkatkan pelatihan untuk kemungkinan serangan terhadap Iran dan bahwa kementerian pertahanan telah meminta peningkatan anggaran untuk militer pada tahun 2022.

Mendukung kenaikan anggaran, yang perlu disetujui di parlemen sebelum 14 November, menteri keuangan Avigdor Lieberman pekan lalu mengatakan, “konfrontasi dengan Iran hanya masalah waktu dan tidak banyak waktu.”

Dia juga mengatakan, “Ini bukan hanya ancaman nuklir, itu juga regional. Iran terus mengukuhkan diri di seluruh Timur Tengah, tidak hanya dengan mengirimkan pasukan mereka, melainkan juga mengirimkan informasi, pengetahuan kepada proksinya. Entah itu Yaman, entah  itu Jihad Islam; tapi kebanyakan Hizbullah di Lebanon. Mereka mengirim lebih banyak uang dan lebih banyak pengetahuan untuk membangun kekuatan yang ditujukan terhadap Israel.”

Israel saat ini menjadi tuan rumah latihan internasional Bendera Biru di Pangkalan Udara Ovda, dengan angkatan udara dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Yunani, dan India. Uni Emirat Arab juga disebut-sebut mengikuti latihan itu.

“Ini adalah latihan terbesar dan tercanggih yang pernah diselenggarakan di Israel,” kata kepala pelatihan Angkatan Udara, Brig. Jenderal Amir Lazar. (mm/efe/raialyoum)

Baca juga:

Israel Bantah Jet Tempurnya Diserang dengan Rudal Iran

Israel: Gempur Pangkalan Al-Tanf, Iran Tunjukkan Kesiapan Berkonfrontasi dengan AS

DISKUSI: