Setelah 30 Tahun, Israel Ungkap Jumlah Korban Tewas Serangan Rudal Scud Saddam Hossein

0
393

TelAviv, LiputanIslam.com – Bagian arsip militer Israel untuk pertama kalinya mengungkap informasi dan video dampak serangan mantan diktator Irak mendiang Saddam Hussein terhadap Israel dengan rudal Scud dalam Perang Teluk II pada 30 tahun silam.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth, Rabu (6/1), menerbitkan laporan arsip tentara Israel yang menyebutkan bahwa kewaspadaan Israel pada saat itu terfokus pada kemungkinan penggunaan senjata kimia oleh Saddam dalam serangan tersebut.

Dilaporkan bahwa dari tanggal 18 Januari hingga 25 Februari 1991 tak kurang dari 43 rudal jatuh ke Israel dalam 19 serangan yang diluncurkan dari Irak barat.

Tel Aviv di bagian tengah Israel (Palestina pendudukan 1948) adalah kawasan yang paling menjadi sasaran rudal Irak pada saat itu, yaitu dihantam 26 rudal, sedangkan kota Haifa di bagian utara dihantam 8 rudal, permukiman Shimron di bagian utara wilayah pendudukan Tepi Barat 4 rudal, dan wilayah Negev 5 rudal.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa serangan itu di Israel melukai 229 orang dan menewaskan 14 orang. Selain itu, sebanyak 222 orang Israel menyuntik diri dengan atropin, obat yang berguna dalam kasus-kasus menghirup gas beracun, dan 530 orang mengalami trauma.

Arsip itu dipublikasi di tengah eskalasi ketegangan negara Zionis ilegal tersebut dengan Republik Islam Iran. (mm/raialyoum)

Baca juga:

[Berita Gambar] Mufti Agung Al-Quds Mengutuk Upaya Zionis untuk Mengubah Fait Achievement di Al-Aqsa

Tak Kalah Garang, Teheran: “Mengaku Bertanggungjawab atau Tidak”, Israel akan Diganyang oleh Iran

 

DISKUSI: