Sengketa Blok Karish, Israel Gelar Rapat Keamanan untuk Antisipasi Serangan Hizbullah

0
215

Quds, LiputanIslam.com  Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengadakan rapat koordinasi keamanan terkait dengan masalah produksi gas dari platform pengeboran di Karish, blok lepas pantai yang disengketakan dengan Lebanon.

Menurut surat kabar Israel Yedioth Ahronoth, hadir dalam rapat pada hari Ahad (25/9) itu antara lain Menteri Pertahanan Benny Gantz, serta para pejabat keamanan dan pakar energi,.

Mereka membahas status operasional platform Karish dan persiapan mengantisipasi serangan potensial Hizbullah saat produksi gas yang diharapkan dimulai.

Senin pekan lalu, Perdana Menteri Israel dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya mengumumkan Israel akan mengekstraksi gas dari ladang Karish, baik melalui ataupun tanpa perjanjian dengan Lebanon.

Kelompok pejuang Hizbullah Lebanon yang didukung kuat oleh Iran telah beberapa kali mengancam akan “memotong” tangan Israel jika rezim Zionis ini nekat mengeksploitasi ladang lepas pantai Karish tanpa mengindahkan hak Lebanon.

Gantz menanggapi ancaman itu dengan peringatan bahwa serangan terhadap aset gas Israel dapat memicu perang.

Juli lalu, tentara Israel mengaku telah menembak jatuh empat drone yang diluncurkan oleh Hizbullah menuju Blok Karish. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pakar Israel: Drone Buatan Iran Lumat Sistem-Sistem Pertahanan Udara Barat di Ukraina

Netanyahu Kritik Pidato Lapid di PBB ‘Penuh Kelemahan dan Kegagalan’

DISKUSI: