Pakar Israel: Drone Buatan Iran Lumat Sistem-Sistem Pertahanan Udara Barat di Ukraina

0
333

Nazaret, LiputanIslam.com  Pakar Israel di Institut Kebijakan dan Strategi, Shai Har-Zvi, dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh website Israel Walla, menyebut perkembangan hubungan Iran-Rusia sebagai tantangan tersendiri bagi Israel.

“Penguatan hubungan antara Rusia dan Iran secara umum, dan khususnya di bidang militer, menciptakan berbagai tantangan bagi Israel di level strategidan keamanan,” tulis Har-Zvi, seperti dikutip Rai Al-Youm, Ahad (26/9).

Har-Zvi yang juga menjabat sebagai kepala cabang intelijen di Kementerian Urusan Strategis Israel menyatakan, “Dalam beberapa minggu terakhir, tentara Rusia mulai menggunakan drone secara ekstensif yang sebelumnya dibeli dari Iran.”

Dia menambahkan, “Para komandan militer Ukraina telah mengkonfirmasi bahwa drone itu berhasil menimpakan kerugian pada pasukan dan menghancurkan sejumlah sistem rudal anti-pesawat Barat.”

Har-Zvi  menilai kerjasama Iran-Rusia ini menggelitik Moskow untuk menggunakan peralatan tempur buatan Iran lainnya.

“Keberhasilan Rusia menggunakan drone Iran, setidaknya pada tahap ini, dapat menyebabkan upaya Rusia menggunakan sarana tempur Iran lainnya dalam perang di Ukraina, dan dengan demikian akan meningkatkan keterikatan mereka dengan Iran,” ungkapnya.

Jumat lalu, Ukraina mengaku telah menembak jatuh empat drone kamikaze buatan Iran yang digunakan oleh tentara Rusia, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeluhkan apa yang disebutnya Teheran merugikan warga Ukraina.

Pihak militer Ukraina selatan mengaku telah menembak jatuh drone buatan Iran tipe Shahed-136 di atas laut dekat pelabuhan Odessa. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Ukraina Mengaku Tembak Jatuh 4 Drone Kamikaze Iran

Rusia, China, Iran dan Beberapa Negara Lain akan Gelar Latihan Militer Bersama di Samudera Hindia

DISKUSI: