Sembari Peringatkan Australia dan Prancis, AL Iran Nyatakan akan Hadir di Terusan Panama

0
136

Laksamana Shahram Irani

Teheran, LiputanIslam.com   Komandan Angkatan Laut (AL) Iran, Laksamana Shahram Irani, menyatakan bahwa AL Iran berencana untuk eksis di Terusan Panama.

“Angkatan Laut angkatan darat telah hadir di semua selat strategis di dunia hingga saat ini, kami belum hadir di dua selat saja, dan kami akan hadir di salah satu selat tersebut tahun ini. Rencananya kami hadir di selat itu,Terusan Panama,” kata Shahram Irani dalam sebuah upacara di Teheran, Rabu (11/1).

“Hari ini kita harus memperkuat kehadiran maritim kita di perairan internasional, dan hari ini kita dapat mengatakan bahwa tidak ada penghalang ilmiah untuk tumbuh di bidang ini,” lanjutnya,  sembari menyebutkan bahwa AL Iran berlayar di Samudera Pasifik untuk pertama kalinya.

Menurutnya, Australia dan Prancis mengancam misi AL Iran di Samudra Pasifik dan melanggar aturan maritim. Tentang ini,  Irani menegaskan, “Kami menanggapi mereka dengan kekuatan sesuai dengan hukum.”

Pada kesempatan lain, Shahram Irani menyebut pantai Makran di Iran tenggara sebagai hal yang penting bagi Iran, dan mengatakan bahwa rencana pembangunan di wilayah tersebut sedang diupayakan secara serius.

Dia juga menyerukan pendirian pusat ekonomi dan industri di dekat laut untuk masalah ekspor dan impor, dan menekankan penggunaan air laut dalam industri baja dan petrokimia. (mm/mna)

Baca juga:

Kepada Staf Majalah Charlie Hebdo, Panglima IRGC: Lihatlah Apa yang Terjadi pada Salman Rushdie

Intelijen Iran Bongkar Dua lagi Kelompok Agen Spionase Israel

DISKUSI: