Sekjen Kongres Nasional Arab Puji Perjuangan Pemimpin Hizbullah Lebanon

0
43

Beirut, LiputanIslam.com  Sekjen Kongres Nasional Arab  (Arab National Conference /ANC) yang berbasis di Mesir, Hamdeen Sabahi,  memuji perjuangan Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah dan menyebut Israel sebagai rezim yang dibenci di Mesir dari dulu sampai sekarang.

“Israel dibenci di Mesir sebagaimana dahulu sebelum Perjanjian Camp David. Ketika (Presiden AS Joe) Biden nanti berkunjung ke musuh, Zionis, kemudian ke Tepi Barat dan Arab Saudi, dan lalu mengadakan pertemuan dengan kelompok 6+3, yaitu negara-negara Teluk plus Irak, Yordania dan Mesir, maka yang akan mengemuka dan beredar adalah deklarasi aliansi militer,” paparnya dalam wawancara dengan saluran Al-Mayadeen, yang disiarkan pada hari Senin (27/6), seperti dikutip Rai Al-Youm, yang menyebut Sabahi telah membuat pernyataan yang “berani” dalam wawancara ini.

Dia mengatakan bahwa setiap orang yang punya kepedulian pastilah mengharapkan pulihnya peran Mesir di tengah umat Arab serta dukungan Mesir kepada resistensi anti-Israel.

Karena itu, dia menambahkan bahwa aliansi militer yang juga melibatkan Israel itu justru menjadi kendala bagi pemulihan peran Mesir.

“Ancaman terbesar bagi peran dan posisi Mesir ialah berdirinya aliansi NATO Arab dibawah pimpinan Israel untuk mempertahankan eksistensi dan keamanan Israel. Ini akan memudahkan Israel menempati posisi Mesir di negeri-negeri Arab,” terangnya.

Dia menegaskan, “Setiap umat yang tak berani melawan adalah umat yang terancam kalah, dan kubu resistensi adalah pihak yang paling bijak di tengah umat kita.”

Hamdeen Sabahi memuji Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah dengan mengatakan, “Ketika Sayid Hassan Nasrallah mengangkat senjata melawan musuh, Zionis, sungguh dia mengangkat bendera Gamal Abdel-Nasr.”

Gamal Abdul Nasir adalah presiden kedua Mesir, yang tercatat sebagai salah seorang negarawan Arab terkemuka dalam sejarah Arab karena getol menentang penjajahan dan kekuasaan asing.

Mengenai krisis Suriah dia mengatakan, “Ketika tuntutan rakyat di Suriah berubah menjadi konflik yang mengancam keutuhan Suriah, kami memutuskan untuk berpihak kepada keutuhan Suriah.”

Sekjen ANC juga menyorot Arab Saudi dengan tatapan prihatin. Dia mengatakan, “Seandainya apa yang dibelanjakan Saudi untuk senjata dipakai untuk proyek-proyek pertumbuhan maka kehidupan Arab akan lebih baik.”

Hamdeen Sabahi adalah jurnalis dan politisi Mesir yang beberapa hari lalu terpilih sebagai Sekjen ANC dalam sidangnya yang digelar di Beirut, ibu kota Lebanon.

ANC merupakan lembaga nasionalis Arab yang popular di dunia Arab. Selama tiga dekade terakhir lembaga ini berhasil membingkai ulang narasi nasionalis Arab dan mendefinisikan kembali konsep nasionalisme Arab. Posisi dan pernyataan ANC disebut-sebut sebagai kunci kebangkitan nasionalisme Arab dan pemahaman tentang peristiwa yang sedang terjadi di tanah air Arab. (mm/raialyoum/researchgate)

Baca juga:

Takut Iran, Para Petinggi Militer AS, Israel dan Arab Adakan Pertemuan Rahasia di Mesir

Pemimpin Hamas: 150 Roket akan Guncang Israel Per 5 Menit

DISKUSI: