Segi Tiga Iran, Turki dan Rusia Kecam Keberadaan Kawanan Teroris di Idlib

0
50

Astana, LiputanIslam.com –  Segi tiga Iran, Turki, dan Rusia menyatakan prihatin atas meningkatnya keberadaan kelompok-kelompok ekstremis dan teroris di provinsi Idlib, Suriah, dan berjanji menjalin koordinasi untuk penumpasan terhadap mereka.

Dalam statemen bersama usai pertemuan di Astana, ibu kota Kazakhstan, yang juga dihadiri perwakilan pemerintah dan oposisi Suriah, Rabu (11/12/2019), segi tiga itu menegaskan bahwa mereka “menekankan keharusan mengoptimal ketenangan ” di Idlib.

Mereka juga menolak upaya-upaya pengadaan “realitas baru” di wilayah Suriah, termasuk “inisiatif pemerintahan otonomi secara ilegal”, dan menentang perebutan pendapatan minyak Suriah.

Baca: Iran Diizinkan Bebas Menembak Pesawat Israel di Angkasa Suriah

Mengenai kinerja Komite Perancangan Konstitusi Suriah, tiga negara itu menyebutkan bahwa perancangan itu harus dikelola dengan cara “konsensus dan partisipasi konstruktif” tanpa campur tangan luar negeri atau penjadwalan yang dipaksakan dari luar negeri.

Baca: AS Klaim Iran Bangun Terowongan Besar di Perbatasan Irak-Suriah

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan bahwa pertemuan ke-14 tiga negara penggagas Perjanjian Astana mengenai Suriah itu membahas perkembangan situasi lapangan di Idlib dan kawasan timur Sungai Eufrat, serta  tahap-tahap yang telah dicapai dalam proses politik. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: