Iran Diizinkan Bebas Menembak Pesawat Israel di Angkasa Suriah

0
660

Damaskus,LiputanIslam.com-Dikutip dari Sputnik, aksi ofensif Rezim Zionis terhadap Suriah dan tiadanya koordinasi dengan Rusia, memaksa Moskow mengizinkan Teheran untuk menempatkan perangkat pertahanan udaranya di Suriah.

Dengan demikian, Iran leluasa menembak pesawat tempur Israel dan nirawaknya tanpa harus memberi peringatan terlebih dahulu.

Menurut situs intelijen dan berita Israel, DEBKA, info-info dari sejumlah sumber menunjukkan keberadaan sistem pertahanan udara Iran di Suriah. Ini pertanda bahwa Teheran dan Moskow telah mencapai kesepakatan agar Iran bisa menempatkan sistem pertahanan udaranya di Suriah. Salah satunya adalah Bavar-373, yang bisa menghancurkan sasaran secara efektif di radius 200 hingga 250 km.

Baca:  Arab-Israel Semakin Akur, Ketua Ulama Yahudi Israel Mulai Kunjungi Bahrain

Sumber-sumber militer Rusia dan Suriah pada Jumat (6/12) lalu melaporkan, Iran telah menempatkan sistem pertahanan udara Bavar-373 di timur Homs, Suriah. Sistem pelacakan radar Bavar-373 sanggup mencakup jarak 350 km. Dengan kata lain, seluruh kawasan timur Suriah, termasuk kawasan perbatasan Suriah-Irak dan Deir az-Zour (basis pasukan Iran dan milisi Irak), berada dalam jarak tembak Bavar-373.

Berdasarkan info dari sumber-sumber Iran dan Barat, rudal antiudara Bavar-373 mengadopsi rudal S-300 dan S-400. Bavar-373 mampu melacak serta menyasar rudal cruise dan jet tempur modern, termasuk F-35.

Sumber-sumber militer menyatakan, lantaran pesawat dan helikopter Rusia berada di pangkalan udara T-4, maka diasumsikan bahwa Iran telah diizinkan Moskow untuk menempatkan rudal—rudalnya di pangkalan tersebut. Menurut DEBKA, sebelum ini Rusia tidak mengizinkan Iran melakukannya. (af/alalam)

DISKUSI: