Sebaran Covid-19 di Gaza Meluas, Hamas Ingatkan Israel dengan Roket

0
156

Gaza, LiputanIslam.com –  Surat kabar Lebanon Al-Akhbar mengutip sebuah sumber Hamas bahwa Kairo telah menyampaikan pesan dari Hamas kepada Tel Aviv bahwa situasi di Jalur Gaza tidak terkendali akibat tingginya penyebaran infeksi Covid-19.

Sumber anonim itu membenarkan kepada Al-Akhbar bahwa Hamas menyampaikan pesan kepada Mesir untuk dilayangkan ke Israel bahwa masalah dapat menjadi tidak terkendali karena adanya tekanan besar yang dialami Jalur Gaza sebagai akibat dari penyebaran pandemi itu.

Dia menyebutkan bahwa peluncuran roket dari Gaza ke wilayah Israel “merupakan indikasi yang jelas bahwa kita harus memperhatikan dan mengatasi penyebab yang mengarah padanya”, namun dia juga mengakui bahwa reaksi Israel juga menunjukkan kesiapan rezim Zionis ini untuk melancarkan serangan masif.

Dia juga menjelaskan bahwa tuntutan Hamas terfokus pada penyediaan peralatan medis yang diperlukan, termasuk alat bantu pernapasan dan alat uji PCR, karena untuk dua juta orang di Jalur Gaza hanya tersedia 100 unit ranjang rawat inap yang dilengkapi dengan alat bantu pernapasan, dan sejauh ini  tingkat pemakaiannya sudah mencapai 70%. Karena itu Hamas menuntut penyuplaian 40 ventilator baru dan 10 alat uji baru.

Laporan lain dari situs berita Al-Alam menyebutkan bahwa faksi-faksi pejuang Palestina memberikan peringatan keras kepada Israel bahwa segala opsi tersedia di depan mereka jika Israel enggan memasukkan peralatan medis ke Jalur Gaza. (mm/rta/alalam)

Baca juga:

Media Lebanon: Kunjungan Netanyahu ke Riyadh, Tikaman Terbesar Saudi ke Palestina

NetanyahuBerkunjung ke Saudi, Faksi-Faksi Palestina Kutuk Rezim Riyadh

DISKUSI: