Media Lebanon: Kunjungan Netanyahu ke Riyadh, Tikaman Terbesar Saudi ke Palestina

0
211

Riyadh,LiputanIslam.com-Sumber-sumber berita Israel pada hari Senin (23/11) mengabarkan pertemuan Benyamin Netanyahu dengan Muhammad bin Salman. Kabar pertemuan ini menjadi sasaran kecaman dan respons negatif dari Dunia Islam dan negara-negara Arab.

Harian Lebanon, al-Akhbar memuat tulisan dengan judul “Tikaman Terbesar Belati Saudi ke Palestina” dan membahas pertemuan tersebut. Menurut al-Akhbar, hubungan Riyadh-Tel Aviv sudah berlangsung sejak lama secara diam-diam. Namun deklarasi hubungan ini oleh media-media Israel dan sambutan terhadapnya menunjukkan sebuah tahap baru.

Kemenlu Saudi, tulis al-Akhbar, menampik pertemuan PM Israel dengan Putra Mahkota Saudi. Namun ia tidak membantah kunjungan delegasi Zionis ke negaranya. Tindakan ini mengungkap dimulainya sebuah tahap baru, yaitu aliansi terbuka Zionis-Saudi.

Al-Akhbar menilai, lawatan ini menunjukkan bahwa sebelum lengsernya Donald Trump dari kekuasaan dua pihak berniat “mencari petualangan”; petualangan yang bahayanya paling mengancam Palestina.

“Rakyat Palestina meyakini bahwa lawatan ini belum berujung pada sebuah kesepakatan komprehensif dan nyata. Namun ini akan memperbaiki situasi Netanyahu di dalam Israel,”tulis al-Akhbar.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini badan-badan pengawas Zionis mengizinkan pertemuan rahasia ini segera dipublikasikan. Tindakan ini dinilai al-Akhbar sebagai pertanda bahwa kereta normalisasi Saudi-Israel telah bergerak, dan negara-negara lain pun akan bergabung dengan Riyadh. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

NetanyahuBerkunjung ke Saudi, Faksi-Faksi Palestina Kutuk Rezim Riyadh

Media Israel Ramai-Ramai Ungkap Kunjungan Rahasia Netanyahu ke Saudi

DISKUSI: