SDF Mengaku 8 Anggotanya Tewas Akibat Serangan Turki ke Kamp Pengungsi di Suriah

0
168

Hasakah, LiputanIslam.com   Milisi Kurdi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengumumkan delapan anggotanya tewas akibat serangan udara Turki pada Rabu lalu (23/11), yang menyasar tempat kamp Al-Hol di provinsi Hasakah, Suriah timur laut, tempat berlindung puluhan ribu pengungsi dan anggota keluarga kelompok teroris ISIS.

Milisi yang didukung AS itu dalam sebuah pernyataannya pada hari Kamis (24/11), menyebutkan, “Serangan Turki menyebabkan delapan pejuang kami gugur ketika sedang menjalankan tugas melindungi kamp itu”.

Pihak Kurdi Suriah pada Rabu malam menyatakan bahwa jet tempur Turki telah menggempur kamp itu dengan lima serangan.  M​enurut Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), serangan itu memicu kepanikan di dalam kamp.

Pada Ahad lalu Turki juga melancarkan serangkaian serangan udara dan penembakan artileri secara intensif terhadap posisi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara dan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di Suriah timur laut.

Ankara menuding PKK dan YPG bertanggung jawab atas peledakan di Istanbul yang  menewaskan enam orang dan melukai 81 lainnya pada 13 November, namun kedua milisi Kurdi itu membantahnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Erdogan Ancam Lancarkan Operasi Darat Secepatnya di Wilayah Suriah

Iran Kembali Serang Markas Separatis Kurdi di Irak Utara

DISKUSI: