Iran Kembali Serang Markas Separatis Kurdi di Irak Utara

0
80

Teheran, LiputanIslam.com   Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran kembali melancarkan serangan drone dan rudal terhadap kelompok separatis yang berbasis di wilayah semi-otonomi Kurdistan Irak.

Angkatan Darat (AD) IRGC menembakkan drone dan rudal kamikaze ke posisi Partai Kebebasan Kurdistan (PAK) di pinggiran kota Kirkuk, Irak utara, dan menghancurkan pangkalan PAK, Selasa (22/11).

Belum ada keterangan mengenai tingkat kerusakan material dan korban.

Panglima AD IRGC Brigjen Mohammad Pakpour menjelaskan, “Dalam kelanjutan operasi rudal dan drone pada beberapa hari terakhir, AD IRGC memulai putaran baru operasi rudal prajurit Pangkalan Hamzah Sayidus Syuhada dengan volume yang efektif terhadap markas-markas penjahat bersenjata dan teroris bayaran  kekuatan arogan dunia di kawasan Pardi di kedalam wilayah Irak utara, dan telah memberikan pukulan-pukulan yang mematikan terhadap mereka.”

Dia menambahkan, “Markas-markas milik separatis Partai Kebabasan Kurdistan (PAK), yang berperan dalam kerusuhan belakangan ini di Iran barat, itu digempur dan diluluh lantakkan dengan rudal-rudal presisi tinggi.”

Sembari menekan bahwa serangan masih akan berlanjut sampai senjata separatis itu terlucuti, Pakpour meminta penduduk menjauhi sarang-sarang kawanan bersenjata itu di Kurdistan Irak.

Sehari sebelumnya, Dubes Iran untuk Irak, Mohammad Kazem Alesadeq,  mengatakan bahwa negaranya telah memberi tahu pemerintah pusat Irak dan otoritas Kurdistan bahwa Iran serius memandang situasi keamanan nasionalnya setelah sejumlah pusat militer Iran mendapat serangan dari wilayah Kurdistan. .

“Beberapa pusat militer vital kami telah diserang dari tanah wilayah Kurdistan Irak dan kami telah memberi tahu pihak Irak, baik otoritas wilayah Kurdistan Irak maupun pemerintah pusat di Irak, tentang masalah ini. Kami (tunjukkan) peta dan dokumen, dan mereka memahami kenyataan ini,” kata Alesadeq dalam wawancara eksklusif dengan al-Alam.

Dia menepis laporan adanya kemajuan tanah Iran ke wilayah Kurdistan Irak.

“Iran menghormati kedaulatan Irak dan telah melakukan beberapa langkah untuk (meningkatkan) stabilitas, persatuan, dan kemakmuran di Irak,” ujarnya.

Sejak 24 September, IRGC kerap melancarkan serangan terhadap posisi kelompok-kelompok bersenjata yang bersembunyi di Kurdistan Irak dan diketahui berusaha memicu kerusuhan di kota-kota perbatasan barat Iran.

Dalam banyak kesempatan, Teheran memperingatkan otoritas Kurdistan Irak bahwa Iran tidak akan mentolerir kehadiran dan aktivitas kelompok teroris di sepanjang perbatasan barat lautnya. Iran mengancam akan bereaksi sengit jika daerah tersebut menjadi pusat teroris anti-Republik Islam. (mm/tasnim/alalam)

Baca juga:

Presiden Iran: Dukungan Barat kepada Teroris dan Perusuh Tak akan Menguntungkan Mereka

[Video:] Gempur Kurdistan Irak, IRGC; Kami Timpakan Kerugian Besar pada Teroris

DISKUSI: