Erdogan Ancam Lancarkan Operasi Darat Secepatnya di Wilayah Suriah

0
119

Ankara, LiputanIslam.com   Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengisyaratan rencana pengerahan pasukan darat Turki untuk menyerang milisi Kurdi Suriah, Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Turki menyalahkan YPG dan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) atas peledakan bom di Istanbul yang menewaskan enam orang dan melukai sekira 80 lainnya pada 13 November.

“Kami telah menekan teroris selama beberapa hari dengan pesawat, meriam, dan senjata kami,” kata Erdogan dalam pidatonya, Selasa (22/11).

Dia menambahkan, “Insya Allah, kami akan membasmi mereka semua secepat mungkin, dengan tank kami, tentara kami.”

Erdogan telah membuat ancaman serupa dalam enam bulan terakhir, tetapi serangan udara lintas batas pada hari Minggu telah meningkatkan kemungkinan operasi militer yang lebih besar.

Rusia telah memperingatkan terhadap kemungkinan operasi tersebut.

Kremlin mengatakan Rusia menghormati kekhawatiran keamanan Turki yang “sah” atas Suriah, tetapi mendesak semua pihak di sana menghindari langkah-langkah yang dapat memperburuk situasi.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Selasa, mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun ada ketidaksepakatan antara Rusia dan Turki dalam pendekatan mereka ke Suriah, Moskow memahami masalah keamanan Turki.

“Kami memahami dan menghormati kekhawatiran Turki tentang pemastian keamanannya sendiri. Kami percaya ini adalah hak sah Turki. Pada saat yang sama, kami meminta semua pihak untuk menahan diri dari langkah-langkah yang dapat menyebabkan destabilisasi situasi secara keseluruhan,” katanya. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Beberapa Tentara Suriah Tewas Terkena Serangan Turki

Hizbullah: Kemerdekaan Sejati Lebanon Terwujud Usai Israel Diusir

DISKUSI: