Sayid Raisi: Perundingan Nuklir Harus Berkaitan dengan Hasilnya

0
273

Teheran, LiputanIslam.com –   Presiden Iran Sayid Ebrahim Taisi menyatakan pihaknya mendukung perundingan nuklir Iran dengan enam negara terkemuka dunia (AS, Inggris, Prancis, Rusia, China dan Jerman) jika perundingan itu mengarah pada pencapaian hasil yang jelas.

Pernyataan itu dia sampaikan  ketika proses perundingan untuk pemulihan perjanjian Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang diteken Iran bersama enam negara itu  pada tahun 2015 mengalami beberapa kendala.

“Kami serius mengenai perundingan yang berkaitan dengan hasil… Sanksi zalim AS terhadap Iran harus dicabut… …Perundingan harus mengarah pada hasil dan pencabutan sanksi yang menjadi pertanda keseriusan pihak lawan dalam perundingan,” tegas Raisi.

Menyinggung Afghanistan, dia mengatakan, “Sikap kami teguh atas aneka peristiwa Afghanistan, yaitu pembentukan pemerintahan yang inklusif di negara ini. Kami mengupayakan stabilitas dan keamanan di Afghanistan, berbeda dengan upaya AS melalui produknya, ISIS, yang menebar fitnah di sejumlah negara, terutama Afghanistan.”

Presiden Iran mendesak pihak yang berkuasa di Afghanistan “berdiri menghadapi ISIS, dan mengetahui bahwa gerakan ini akan mengancam masa depan kawasan”. Dia meminta Taliban “menghadapi ISIS di Afghanistan sebagaimana kami melakukannya di Irak dan Suriah”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Saudi Mulai Mengimpor lagi Komoditas Iran

Merasa Didiskriminasi, Iran: Percuma Jadi Anggota IAEA

 

DISKUSI: