Merasa Didiskriminasi, Iran: Percuma Jadi Anggota IAEA

0
349

Teheran,LiputanIslam.com-Utusan Iran di organisasi-organisasi internasional di Wina mengkritik keras IAEA yang hanya bungkam terkait program nuklir Rezim Zionis. Menurut Kazem Gharibabadi, standar ganda lembaga internasional ini telah mengirim pesan negatif terhadap para anggota Pakta Nonproliferasi (NPT).

“Jika begini, lalu apa manfaat keanggotaaan di NPT dan implementasi penuh pengawasan IAEA? Bagaimana bisa IAEA dianggap sebagai instansi serius, profesional, dan netral, padahal IAEA tidak menjalankan aturan pengawasannya atas para anggotanya secara merata dan adil?”cuit Ghadibabadi.

“Kebungkaman dan kelalaian terhadap program nuklir Israel akan memberikan pesan negatif kepada para anggota NPT. Pesan negatif itu adalah: ‘keanggotaan di Pakta ini sama saja dengan menjalani uji kejujuran dan pengawasan paling ketat. Sementara keberadaan di luar Pakta berarti bebas dari segala komitmen, kritik, bahkan layak untuk mendapat penghargaan.’”

Beberapa hari lalu, Direktur IAEA diwawancarai oleh Energy Intelligence. Saat ditanya kenapa IAEA selalu membahas tentang program nuklir Iran, tapi tidak membahas program nuklir Israel, ia menjawab,”Israel bukan anggota NPT, bahkan tidak menandatanganinya. Sementara Iran adalah anggota NPT dan memiliki komitmen hukum dalam hal ini.” (af/alalam)

Baca Juga:

AS Isyaratkan Opsi Militer terhadap Iran Jika Jalur Diplomasi Gagal

Iran Peringatkan Israel Jangan Sampai Mencoba “Bertualang Militer” terhadap Iran

DISKUSI: