Saudi Nyatakan akan Berdialog dengan AS dan Eropa Soal Proyek Nuklir Iran

0
154

Riyadh, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan menyatakan negaranya akan berkomunikasi dengan pemerintah baru Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa mengenai berbagai tangan, termasuk mengenai sepak terjang Iran yang disebutnya mengganggu keamanan dan stabilitas.

“Kami yakin bahwa kita akan dapat mengatasi tantangan ini dengan kerjasama,” ungkap Faisal di sela sidang virtual Forum Ekonomi Dunia (WEF) Davos bertajuk “Rekonstruksi Geo-Politik”.

Dikutip kantor berita resmi Saudi, SPA, pada Jumat malam (29/1), Faisal menambahkan, “Pernyataan para pejabat AS menunjukkan bahwa mereka sangat mengharapkan terwujudnya keamanan dan stabilitas, dan mempertimbangkannya.”

Dia juga mengatakan, “Semua tantangan yang kita hadapi di dunia sekarang menuntut kebersamaan dan kerjasama untuk mengatasinya. Kami memandang tahun 2020 bahwa seandainya kita tak bekersama maka kita tak akan dapat bersama menghadapi tantangan-tantangan global.”

Menteri Luar Negeri Saudi juga menyebutkan pentingnya kerjasama untuk mengatasi pandemi Covid-19 serta berbagai tantangan lain yang dihadapi dunia, termasuk perubahan iklim.

Dia menekankan bahwa Saudi akan terus bekerja dengan mitra internasionalnya untuk mencapai kerjasama regional dan global, dan untuk menghadapi tantangan di mana kepemimpinan dan tanggung jawab diperlukan demi tercapai keamanan, stabilitas, dan kemakmuran bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Jagad Medsos Saudi Dihebohkan oleh Usulan Penghapusan Gambar Pedang dari Benderanya

Menlu AS Apresiasi Normalisasi Arab-Israel

DISKUSI: