Menlu AS Apresiasi Normalisasi Arab-Israel

0
198

Washington, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken mengapreasi normalisasi hubungan Arab-Israel dan menegaskan komitmen Washington kepada keamanan Israel.

Kementerian Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataannya, Kamis (28/1), menyebutkan bahwa dalam percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi, Blinken memuji kemajuan yang terjadi belakangan ini dalam Perjanjian Abraham.

“Menteri Luar Negeri Ashkenazi dan Menteri Blinken mengakui kemitraan yang terjalin baik antara Amerika Serikat dan Israel, dan menegaskan bahwa kedua negara akan bekerjasama erat dalam menghadapi tantangan ke depan,” bunyi pernyataan itu.

Perjanjian Abraham adalah perjanjian yang ditengahi oleh AS untuk menormalisasi hubungan diplomatik Israel dengan negara-negara Arab dan Islam. Dalam beberapa bulan terakhir, Israel mencapai kesepakatan dengan UEA, Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Meskip diperkirakan akan menyimpang dari “America First” yang merupakan garis kebijakan luar negeri pendahulunya, Donald Trump, namun Presiden AS sekarang Joe Biden telah mengisyaratkan bahwa dia akan terus menggulirkan Perjanjian Abraham.

Blinken juga meminta Iran kembali kepada perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) sebelum Washington, yang menarik diri dari perjanjian di masa kepresidenan Donald Trump, melakukan hal yang sama. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Sama dengan Trump, Biden Tawarkan Solusi Dua Negara bagi Krisis Palestina

Menlu Iran Minta Sejawatnya di AS Belajar dari Kegagalan Trump

DISKUSI: