Saudi Larang Delegasi Iran Hadiri Sidang OKI di Jeddah Soal Perjanjian Abad Ini

0
137

Teheran, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak memperkenankan delegasi Iran menghadiri sidang Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jeddah, Saudi, yang dijawalkan berlangsung hari ini, Senin (3/2/2020), guna membahas prakarsa AS untuk perdamaian Timteng yang dinamai Deal of The Century (Perjanjian Abad Ini).

“Pemerintah Saudi melarang partisipasi delegasi Iran dalam pertemuan yang akan diselenggarakan di markas OKI untuk membahas Perjanjian Abad Ini,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, Ahad.

Dia juga mengatakan bahwa atas perlakuan Saudi ini Teheran mengajukan pengaduan kepada OKI dan menuding Riyadh menyalahgunakan statusnya sebagai tuan rumah OKI.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Arab Saudi mengenai pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran tersebut.

Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu mengumumkan rincian Perjanjian Abad ini, dan segera mendapat kecaman dari para pejabat senior Iran, yang memastikan prakarsa itu sia-sia dan akan gagal sebagaimana prakarsa-prakarsa AS sebelumnya.

Baca: Ali Velayati Sebut Perjanjian Abad Ini Mengandung Ambisi Salibis-Zionis

Prakarsa itu juga ditolak keras oleh para pemimpin dan faksi-faksi pejuang Palestina yang menilainya sangat berpihak kepada Israel dan bermaksud menggagalkan pendirian negara merdeka Palestina.

Baca: Palestina Putus Semua Hubungan dengan AS dan Israel

(mm/raialyoum)

DISKUSI: