Palestina Putus Semua Hubungan dengan AS dan Israel

0
155

Ramallah, LiputanIslam.com—Pemerintah Palestina tidak lagi mengakui hubungan apapun dengan AS dan Israel akibat rencana kontroversial bernama Kesepakatan Abad Ini.

“Kami memberi tahu Anda semua bahwa tidak akan ada hubungan dengan Anda (Israel) dan Amerika Serikat,” tegas Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dalam pertemuan Liga Arab di Kairo pada hari Sabtu (1/2) ini.

Ia menambahkan, ikatan yang akan terpengaruh dari keputusan ini termasuk ikatan “kerjasama keamanan” antara Tel Aviv dan Otoritas Palestina.

Secara historis, rezim Israel menganggap koordinasi keamanan sebagai cara untuk mencegah pembalasan Palestina terhadap tindakan agresi Israel.

Abbas juga mengatakan, keputusan itu dibuat setelah adanya rencana dari AS dan Israel yang dijuluki “Kesepakatan Abad Ini” yang merupakan “pelanggaran terhadap perjanjian [otonomi],” atau Kesepakatan Oslo.

Kesepakatan Abad Ini adalah gagasan dari menantu sekaligus penasehat Presiden Donald Trump, Jared Kushner, dan tokoh-tokoh penting pro-Israel lainnya yang telah dibuat bertahun-tahun yang lalu.

Isi detil dari perjanjian ini baru diumumkan pada hari Selasa (28/1) kemarin oleh Presiden Trump didampingi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Pihak Palestina sama sekali tidak diundang dalam pertemuan itu. (ra/presstv)

DISKUSI: