Saudi Klaim Semua Rudal dan Drone yang Menerjang Saudi Buatan Iran

0
681

Riyadh, LiputanIslam.com –   Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir menuding Iran sebagai negara yang telah membuat dan menyelundupkan semua rudal dan drone yang menyasar wilayah Saudi.

Dalam wawancara berbahasa Inggris dengan saluran Arab News, Jumat (19/3), Al-Jubeir mengatakan, “Semua rudal dan pesawat nirawak yang menyasar Saudi adalah buatan Iran, atau diimpor dari Iran, dan sebagian di antaranya, seperti pernah kami katakan, datang dari utara, dan sebagian lagi dari laut.”

Dia menambahkan, “PBB melimpahkan tanggungjawab kepada Iran atas serangan ke (ladang minyak) Abqaiq, dan ini juga dilakukan oleh beberapa negara yang kami undang bergabung dengan kami dalam penyelidikan. Karena itu, jelas sekali bagi kami dari mana rudal-rudal itu diimpor (oleh Ansarullah) dan atau siapa yang membuatnya.”

Al-Jubeir mengklaim demikian menyusul peningkatan dan intensitas serangan Ansarullah dengan rudal balistik dan drone ke wilayah Saudi.

Di hari yang sama Saudi mengumumkan bahwa kilang minyaknya di Riyadh terkena “agresi teror” dengan drone hingga menyebabkan terjadinya kebakaran pada instalasi, sementara Ansarullah mengaku telah menggempur perusahaan minyak Saudi Aramco dengan enam unit drone dan Pangkalan King Khalid di kota Khamis Mushait, Saudi, dengan dua drone. (mm/rt)

Baca juga:

Ansarullah Gempur Aramco di Riyadh, Kilang Minyak  Saudi Terbakar

Peta Perang Ma’rib, Kawasan Strategis Sirwah Hampir Jatuh Sepenuhnya ke Tangan Ansarullah

DISKUSI: