Saudi Izinkan Pesawat Komersial Israel Melintas di Angkasanya

0
86

Washington, LiputanIslam.com –   Seorang pejabat senior pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa setelah terjadi pembicaraan antara pejabat Arab Saudi dan penasihat Gedung Putih Jared Kushner, Senin (30/11/2020), Riyadh setuju untuk mengizinkan pesawat komersial Israel melintasi wilayah udara Saudi dalam perjalanan menuju Uni Emirat Arab (UEA),.

Kushner dan utusan AS untuk urusan Timur Tengah, Avi Berkowitz dan Brian Hook, mengangkat masalah ini tak lama setelah mereka tiba di Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan.

“Kami bisa menyelesaikan masalah itu,” kata pejabat itu kepada Reuters.

Menurut situs berita i24 milik Israel, sebuah sumber AS mengatakan bahwa masalah izin penerbangan untuk maskapai penerbangan Israel di Arab Saudi menuju UEA dan Bahrain telah diselesaikan setelah pembicaraan Kushner dan Berkowitz dengan pejabat senior Saudi.

Penerbangan Israir akan dilakukan pada hari ini, Selasa, pukul 10.00 waktu Quds (Yerusalem), dan dengan melintasi wilayah Saudi maka penumpangnya akan menikmati pengurangan waktu penerbangan secara signifikan, yaitu sekitar tiga jam.

Pada penerbangan yang tidak melewati wilayah udara Saudi, rute tersebut menjadi sangat panjang sehingga secara komersial tidak menguntungkan.

Israer akan menjadi pihak pertama yang meluncurkan jalur harian melalui dua penerbangan, sementara Arkia akan bergabung mulai Kamis depan, dan El Al akan meluncurkan jalurnya sendiri mulai 9 Desember mendatang. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pengamat Israel: Kantor Perwakilan Israel akan segera Dibuka di Saudi

Serangan Rudal Terbaru Yaman ke Pangkalan Koalisi Saudi Tewaskan dan Lukai 15 Orang

DISKUSI: