Satu Tentara Turki Tewas dan Dua Luka Terkena Tembakan dari Wilayah Iran

0
159

Ankara, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan Turki, Rabu (24/6/2020), menyatakan satu tentara Turki tewas dan dua lainnya terluka di bagian tenggara negara ini setelah mendapat tembakan dari wilayah Iran di daerah perbatasan kedua negara.

Pernyataan itu tidak menyebutkan siapakah pihak yang telah melepaskan tembakan terhadap tentara Turki tersebut

Kementerian Pertahanan Turki menjelaskan bahwa pasukan Turki mendapat tembakan ketika sedang melakukan misi pengamatan dan pengintaian di sepanjang perbatasan di provinsi Hakkari di bagian tenggara Turki yang berbatasan dengan Iran.

Turki memerangi kelompok pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di sekitar perbatasannya dengan Suriah dan Irak sejak beberapa dekade silam, serta berurusan pula dengan kelompok Partai Hidup Bebas Kurdistan (PJAK) yang bersekutu dengan PKK di perbatasannya dengan Iran, sementara Iran juga juga memerangi PJAK.

Di hari yang sama, Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) dilaporkan mengerahkan pasukan di perbatasannya dengan wilayah Kurdistan Irak, dan mengancam akan menyerang pangkalan kelompok oposisi Kurdi jika mereka terus menjadi ancaman bagi Iran.

Baca: Turki Mengaku Tak Akan Mundur Meskipun Mesir Terlibat dalam Perang Libya

IRGC Selasa lalu mengumumkan pihaknya sedang melakukan manuver besar dengan melibatkan angkatan darat dan udara, drone, dan pasukan khusus di wilayah Mariwan.

Baca: Akan Dibekali Perlengkapan Militer Baru, Tentara Iran Beri Peringatan Keras lagi kepada AS

Sementara itu, Unit Perlindungan Kurdistan Timur, sayap militer PJAK, menyatakan Iran mengerahkan pasukan di desa-desa perbatasan Mariwan, mendirikan pangkalan militer besar, dan menerbangkan pesawat-pesawat nirawaknya di atas daerah itu, dan unit artilerinya pun sempat menembaki daerah perbatasan selama dua jam pada Selasa pagi. (mm/amn/aawsat)

DISKUSI: