Satu Orang Palestina Gugur Ditembak Pasukan Zionis, Ribuan Jemaah Sesaki Komplek Masjid Al-Aqsa

0
284

Ramallah, LiputanIslam.com –  Departemen Kesehatan Palestina pada dini hari Sabtu (24/7) melaporkan bahwa satu pemuda Palestina gugur setelah menderita luka tembak peluru tajam pasukan Zionis Israel di desa Nabi Salih di utara Ramallah, Tepi Barat.

Jumat kemarin, sebagaimana hari-hari Jumat sebelumnya, pasukan Zionis menyerang warga Palestina yang berunjuk rasa protes terhadap proyek permukiman Zionis di berbagai wilayah Tepi Barat. Serangan itu menjatuhkan korban luka warga Palestina sedikitnya 146 orang.

Distrik Bita di Tepi Barat sejak dua bulan lalu dilanda gelombang aksi protes warga Palestina terhadap pembangunan permukiman Zionis di daerah pedesaan dataran tinggi Jabal Sabih.

Aksi ini membuat warga Zionis terpaksa meninggalkan sebuah kawasan yang mereka duduki di Jabal Salih, namun rumah-rumah mereka yang sudah dibangun sebelumnya sampai sekarang masih ada. Aksi ini juga telah membuat lima orang Palestina gugur syahid dan ratusan lainnya terluka.

Sementara itu, ribuan orang Palestina menggelar shalat Jumat hingga memenuhi halaman Masjid Al-Aqsa dengan pantauan keamanan ekstra ketat dari pasukan Zionis.

Badan Wakaf Islam Quds menyatakan bahwa meskipun kota Quds menjadi seperti pangkalan militer bagi pasukan Zionis namun sebanyak 25,000 jemaah Palestina sejak pagi telah mengalir ke komplek Masjid Al-Aqsa dari berbagai kota dan daerah Tepi Barat dan bahkan dari wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948).

Beberapa waktu lalu kelompok-kelompok pejuang Palestina menyerukan kepada orang-orang Palestina agar menunjukkan kekuatan mereka di Masjid Al-Aqsa untuk membela tempat yang sangat disucikan oleh umat Islam ini. (mm/wafa/fna)

Baca juga:

Hubungan UEA-Israel di Ambang Krisis, Tel Aviv Revisi Kesepakatan Minyak dengan Abu Dhabi

Israel Sebut Rusia Ada di Balik Kegagalan Serangan Israel ke Suriah

DISKUSI: