Sambut Tahun Baru, Rouhani Tegaskan Sanksi AS Gagal Tundukkan Iran

0
128

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani memastikan sanksi AS, negara yang disebutnya sebagai teroris dunia, tak sanggup menundukkan Iran.

“Sanksi paling keras sudah pernah dijatuhkan terhadap negara kita (pada tahun lalu) oleh teroris global… Industri minyak kita berada di bawah sanksi paling parah dalam sejarah dan tekanan meningkat pada ekonomi kita dari segala arah,” ujar Rouhani dalam sebuah pesan tahun baru kalender Iran kepada masyarakat negara ini, Jumat (20/3/2020).

Dia menjelaskan, “AS meningkatkan tekanan terhadap Iran melalui sanksi dalam upayanya memaksa negara ini menyerah kepada tekanan, tapi bangsa kita yang besar menolak, dan menciptakan epos lain… Sungguh kita tak terkalahkan, kita berdiri melawan dan melawan tekanan AS.”

Baca: Inggris Minta AS Bekukan Sanksinya Terhadap Iran di Tengah Wabah Covid-19

Dalam pesan yang disiarkan televisi pemerintah itu, Presiden Rouhani juga berterima kasih kepada para personel medis negara ini, termasuk dokter, perawat, dan LSM atas jerih payah mereka membendung penyebaran Covid-19.

Baca: Kontroversi AS-China Seputar Wabah Corona Memanas, Iran Kecam AS

Iran sedang memerangi pandemi Covid-19 di tengah tekanan sanksi terkeras yang diterapkan AS setelah Washington keluar secara sepihak dari perjanjian nuklir penting yang didukung PBB antara Teheran dan negara-negara besar dunia pada 2018.

Sejak itu AS mulai memaksa pihak-pihak lain agar mematuhi sanksi. Akibatnya, Inggris, Prancis, dan Jerman menghentikan transaksi mereka dengan Iran. (mm/presstv)

DISKUSI: