Rusia: Pemblokiran Situs-Situs Poros Resistensi oleh AS Melanggar Hukum Internasional

0
314

Moskow, LiputanIslam.com –  Kemlu Rusia mengecam tindakan pemerintah AS memblokir puluhan website yang berafiliasi dengan Poros Resistensi, termasuk situs-situs berita yang berbasis di Iran.

Jubir Kemlu Rusia Maria Zakharova dalam jumpa pers di Moskow, Kamis (1/7), menyatakan bahwa pemblokiran terhadap lebih dari 30 website itu melanggar hukum internasional. Dia mengecam apa disebutnya sensor informasi secara ketat oleh AS.

“AS telah melawati batas dalam melakukan sensor informasi di internet, dan benar-benar telah melupakan komitmen-komitmen internasionalnya mengenai penyiaran informasi secara bebas, yang merupakan salah satu aspek HAM,” ujar Zakharova.

Dia menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan besar teknologi informasi yang telah melakukan sensor informasi di internet secara resmi berafiliasi dengan pemerintah AS.

“Perusahaan-perusahaan ini dengan mudahnya menutup mata terhadap standar-standar internasional, dan tidak membiarkan negara-negara lain (penentang hegemoni AS) menyampaikan sikapnya kepada khalayak internasional,” ungkap Zakharova.

Seperti pernah diberitakan, sejak 22 Juni lalu pemerintah AS telah memblokir puluhan situs tersebut, termasuk Press TV dan Al-Alam milik badan penyiaran Iran, IRIB, situs berita Al-Masirah milik Ansarullah Yaman, situs berita Al-Maloumah yang berbasis di Irak, situs Palestine Today milik Jihad Islam Palestina (PIJ) yang berbasis di Gaza, situs Al-Loulou milik kelompok oposisi Bahrain, dan situs Al-Naba milik kantor berita Libanon.

Situs-situs milik Iran itu tertutup oleh halaman bertuliskan keterangan dari Biro Investigasi Federal (FBI) dan Biro Industri dan Keamanan Kemlu AS bahwa  pemerintah AS telah mengambil alih situs-situs itu.

Seorang pejabat keamanan nasional AS mengatakan kepada CNN bahwa demi mengatasi “informasi-informasi menyesatkan” pemerintah AS telah memblokir beberapa website yang terkait dengan Iran. (mm/tasnim/fna)

Berita terkait:

Badai Blokir Menerjang Beberapa Website Poros Resistensi yang Dipimpin Iran

Situs-situs Poros Resistansi Diblokir, Iran akan Tempuh Jalur Hukum

DISKUSI: